Jumat, 19 Agu 2011 07:41 WIB

Bersepeda Bisa Memperburuk Penderita Wasir

- detikHealth
Jakarta - Wasir atau ambeien adalah kondisi yang bisa membuat seseorang merasa tidak nyaman. Tapi ada anggapan bahwa sering naik sepeda bisa memperburuk kondisi dari wasir. Benarkah hal itu?

Sebagian besar kasus wasir terjadi pada usia 45-65 tahun baik bagi laki-laki maupun perempuan. Tapi beberapa kegiatan tertentu bisa membuat wasir jadi lebih buruk atau sakit akibat adanya tekanan pada daerah tersebut.

Beberapa olahraga bisa memperburuk kondisi wasir, salah satunya adalah bersepeda. Hal ini karena pada seseorang yang sering bersepeda akan menyebabkan rasa sakit dan pembengkakan karena menempatkan tekanan pada daerah wasir, seperti dikutip dari Livestrong, Jumat (19/8/2011).

Karenanya orang yang memiliki wasir disarankan untuk tidak terlalu sering atau terlalu lama bermain sepeda, ini untuk mencegah tekanan yang terlalu banyak pada daerah rektum dan memicu pembengkakkan.

Kegiatan lain yang bisa memperparah wasir adalah duduk untuk jangka waktu yang lama, menggaruk atau menyentuh daerah wasir bisa menyebabkan iritasi serta kelebihan berat badan.

Wasir adalah pembengkakan atau radang pada pembuluh darah di rektum bawah atau sekitar anus. Kondisi ini ada yang internal (wasir yang kadang bisa keluar melalui anus) atau eksternal (wasir yang muncul sebagai pembengkakan di bawah kulit anus).

Kedua jenis wasir ini bisa menyebabkan timbulnya bercak darah atau berdarah saat BAB (Buang Air Besar), sedangkan wasir eksternal biasanya menonjol sehingga sakit dan gatal.

Seseorang lebih rentan terhadap wasir jika terlalu lama mengejan saat mencoba untuk buang air besar (terutama saat mengalami sembelit), tidak mengonsumsi serat yang cukup, gangguan pencernaan, dan pada orang tua disebabkan karena jaringan ikat di daerah anusnya telah melemah akibat usia.

Salah satu cara mengatasi wasir adalah menghindari kegiatan yang memperburuk kondisi, merendam daerah yang bengkak dengan air hangat, menggunakan tisu bayi untuk membersihkan, menggunakan celana katun, menggunakan krim kortikosteroid untuk mengurangi gatal serta meningkatkan konsumsi serat agar mudah buang air besar.



(ver/ir)
News Feed