ADVERTISEMENT

Kamis, 17 Nov 2011 17:11 WIB

Solusi Sederhana untuk Mengobati Keriput dan Jerawat

- detikHealth
Jakarta - Semakin bertambahnya usia, biasanya akan menimbulkan beberapa masalah pada kulit, seperti garis-garis keriput dan jerawat. Masalah tersebut memang umum terjadi pada banyak orang.

Menurut sebuah studi, lebih dari 35 persen wanita dengan usia 30-39 tahun dan lebih dari 25 persen wanita usia 40-49 tahun sering berjerawat. Hasil studi tersebut telah dipublikasikan dalam Journal of the American Academy of Dermatology.

Solusi sederhana untuk mengobati Keriput dan jerawat seperti dikutip FoxNewsHealth, Kamis (17/11/2011) antara lain:

1. Membersihkan
Gunakan busa pembersih ringan atau krim setiap hari. "Membersihkan wajah merupakan langkah paling penting dalam merawat kecantikan," kata Dr. Amy Taub, asisten profesor di Northwestern University.

Jika kulit Anda berminyak, maka pilihlah pembersih yang memiliki asam salisilat atau asam glikolat yang dapat menyebabkan kulit terkelupas untuk membersihkan pori-pori dan membantu untuk menstimulasi kulit, serta untuk mencegah keriput.

2. Melindungi
Mengunakan tabir surya setiap hari adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah keriput. Bahkan jumlah kecil dari paparan sinar matahari tetap dapat melalui jendela di rumah atau kaca mobil.

"Kita tidak pernah menyadari berapa banyak telah terpapar sinar matahari. Carilah produk yang memiliki SPF 30 atau lebih, serta oksida dan seng minimal 5 persen," kata Melissa Galloway, seorang medical esthetician di Summit Medical Group, Berkeley.

3. Mencegah
"Antioksidan merupakan salah satu pertahanan dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar matahari, asap, dan polutan di udara. Antioksidan bekerja seperti spons yang berguna untuk menyerap radikal bebas yang merusak kulit.

Carilah pelembab dan serum yang memiliki vitamin E, C, teh hijau, atau ekstrak biji anggur. Dan karena keriput di sekitar mata adalah yang paling awal muncul, sangat penting untuk memakai kacamata hitam kapan saja ketika berada di luar ruangan.

"Kadar kolagen juga harus dijaga sebanyak mungkin. Penggunaan produk-produk yang mengandung kolagen dan elastin juga penting," kata Dr. Taub.

4. Pengelupasan
Resep Retin A dan produk retinol yang dijual bebas adalah cara terbaik untuk mengobati keriput dan jerawat karena mereka bekerja untuk mengurangi sekresi minyak, mengecilkan pori-pori, dan menghilangkan sel yang rusak.

"Agen tersebut dapat mengirimkan sinyal ke kulit bahwa harus mulai membuat kulit baru," kata Dr Taub. C

hemical peeling dengan bahan yang mengandung asam salisilat dan glikolat merupakan pilihan yang baik karena dapat memungkinkan oksigen masuk ke dalam pori-pori dan mencegah pertumbuhan bakteri.

Mikrodermabrasi dari tenaga profesional juga efektif untuk menghilangkan garis-garis halus dan pori-pori besar yang tersumbat.

Hindari scrub atau butiran-butiran abrasif karena mereka dapat terlalu keras. Sebaliknya, carilah produk yang sekaligus mengandung asam salisilat dan retinol.

Pastikan untuk memeriksa label kemasan jika retinol terdaftar sebagai salah satu bahan pertama, kemungkinan memiliki konsentrasi yang lebih tinggi. Bagi beberapa wanita retinol terlalu keras, sehingga alpha hydroxy acids dapat menjadi alternatif pilihan.

5. Mengobati
Kadang-kadang seorang tenaga kesehatan profesional akan memberikan resep dalam bentuk larutan topikal atau obat resep. Sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter kulit yang dapat merancang sebuah rencana perawatan untuk jenis kulit, jenis jerawat, dan keriput yang Anda miliki.




(ir/ir)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

e-LIfe
×
Perilaku Selingkuh dari Faktor Genetika, Apa Iya?
Perilaku Selingkuh dari Faktor Genetika, Apa Iya? Selengkapnya