Rabu, 27 Jun 2012 06:58 WIB

Jangan Buru-buru Pakai Suplemen, Bangkitkan Energi Lewat Panca Indra

- detikHealth
ilustrasi (foto: Thinkstock)
Jakarta - Ketika Anda merasa lemah, letih dan tidak berenergi, jangan tergesa-gesa mengambil suplemen penambah energi. Anda dapat meningkatkan energi dengan cara yang lebih alami dengan merangsang panca indra Anda.

Berikut cara meningkatkan energi melalui panca indra, seperti dilansir dari womenshealthmag, Rabu (27/6/2012) yaitu:

1. Pendengaran

Menurut sebuah studi, aktivitas mendengarkan musik selama sekitar satu jam sehari dapat membantu mengurangi kelelahan. Musik juga mungkin memainkan peran penting dalam pertumbuhan dan perbaikan sel tubuh.

Mendengarkan musik juga mendorong otak untuk melepaskan hormon oksitosin, pelawan stres.

2. Sentuhan

Ketika kulit bersentuhan dengan benda yang halus atau lembut, Anda akan merasakan efek yang menenangkan. Mintalah pasangan untuk memijat tangan dan kaki Anda dengan lembut ketika sedang santai.

Menurut jurnal Autonomic Neuroscience: Basic & Clinical, sentuhan tersebut dapat menurunkan detak jantung dan membuat Anda rileks, sehingga energi Anda akan pulih kembali.

3. Penglihatan

Warna kuning adalah warna yang paling berkaitan dengan dengan suasana hati yang sehat. Warna positif lainnya adalah oranye dan ungu. Coba gunakan warna tersebut sebagai warna latar di dinding rumah atau isilah vas bunga di meja dengan bunga-bunga berwarna cerah untuk meningkatkan semangat.

Anda juga bisa mendapatkan dorongan energi hanya dengan duduk di bawah lampu berwarna kuning selama 45 menit sehari. Menurut sebuah studi dari Harvard Medical School dan Northeastern University, cara ini dapat meningkatkan kewaspadaan Anda sepanjang hari.

4. Penciuman

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mencium aroma jeruk, permen dan peppermint akan lebih bersemangat menjalani aktivitasnya. Menurut North American Journal of Psychology, aroma tersebut merupakan stimulan alami yang juga dapat menagtasi stres.

Gosokkan setetes minyak esensial ke pergelangan tangan ketika Anda merasa kehilangan energi. Selain itu, sebuah studi yang dipublikasikan dalam British Journal of Psychology menyatakan bahwa mencium aroma lemon juga dapat meningkatkan perasaan bahagia.

5. Perasa

Rasa jeruk dapat mengaktifkan saraf di mulut, tenggorokan, dan rongga hidung yang memicu aktivitas otak dan membuat Anda lebih berenergi. Menurut jurnal gizi Neuroscience, mengunyah permen karet juga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan energi.

Mengunyah permen karet dapat meningkatkan denyut jantung dan merangsang sistem saraf agar Anda tetap waspada dan berenergi menjalani hari.





(ir/ir)