Senin, 28 Jan 2013 19:35 WIB

Ekspresikan Rasa Cinta, Ini Manfaat Sehatnya

- detikHealth
(Foto: ThinkStock)
Jakarta - Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengungkapkan rasa cinta pada pasangan. Jika mengungkapkan rasa cinta dengan cara ini, maka ada banyak manfaat kesehatan yang didapat. Ini dia.

Baru-baru ini para peneliti dari Medical University of Vienna memberikan kabar baik dalam rangka menghormati National Hug Day. Peneliti mengungkapkan ungkapan rasa cinta yang diberikan seseorang bisa berdampak baik bagi kesehatan.

Para ahli percaya semua dampak kesehatan ini terletak pada hormon oksitosin atau dikenal sebagai 'hormon cinta'. Hormon ini telah dikaitkan dengan ikatan sosial dan memberi efek menenangkan.

Berikut ini ekspresi-ekspresi cinta yang bisa berdampak besar bagi kesehatan, seperti dikutip dari HuffingtonPost, Senin (28/1/2013) yaitu:

1. Memeluk
Sebuah pelukan bisa melepaskan stres, mengurangi tekanan darah serta meningkatkan hubungan dengan pasangan karena keluarnya hormon oksitosin. Tapi manfaat yang tidak terduga adalah pelukan juga bisa membantu seseorang berkomunikasi lebih baik dengan pasangan.

"Komunikasi non-verbal bisa menjadi cara yang sangat ampuh untuk mengatakan sesuatu kepada pasangan, misalnya 'Aku tahu perasaan kamu'. Hal ini memungkinkan kita merasa lebih dikenal oleh pasangan tanpa melalui kata-kata," ujar terapis keluarga dan penikahan, David Klow.

2. Berbicara
Menghabiskan waktu untuk berbicara dari hati ke hati bisa membuat seseorang merasa lebih santai dan menurunkan tekanan darah. Belum lagi komunikasi secara terbuka ini juga bisa memperkuat hubungan yang ada.

3. Ciuman
Ekspresikan cinta melalui ciuman juga meningkatkan kadar oksitosin dan menurunkan hormon stres kortisol. Ciuman juga meningkatkan produksi air liur sehingga membantu membersihkan bakteri di gigi dan melawan penumpukan plak.

Selain itu ciuman juga bisa membantu membakar kalori, diketahui mengunci bibir bisa membakar 2-6 kalori per menitnya serta mengaktifkan beberapa otot di wajah untuk bergerak.

4. Bercinta
Bercinta diketahui bisa membuat seseorang merasa santai dan rileks, serta membakar kalori di tubuh. Selama tidak ada yang sakit, maka hubungan seks bisa meningkatkan antibodi tertentu di dalam tubuh.

Serta bercinta juga dapat meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih baik, karena efek dari oksitosin dan meningkatkan hormon prolaktin yang biasanya tinggi saat sedang tidur.




(ver/vit)