Kamis, 07 Feb 2013 14:45 WIB

Normal atau Tidakkah Bau Vagina Anda?

- detikHealth
(Foto: ThinkStock)
Jakarta - Vagina wanita memang memiliki aroma tertentu yang khas, tetapi hal ini merupakan kondisi yang wajar karena tubuh yang sehat sekalipun memiliki bau yang khas. Namun, wanita juga perlu memastikan apakah bau vaginanya masih termasuk normal atau tidak.

Aroma pada vagina sebenarnya baik karena berupa feromon, sejenis hormon yang dapat meningkatkan gairah seksual pasangan. Akan tetapi jika bau vagina terlalu kuat dan mengeluarkan bau yang tidak biasa, Anda perlu mewaspadainya.

"Bau vagina umumnya disebabkan oleh pH yang tidak seimbang akibat menstruasi, hubungan seks, atau penggunaan jenis sabun mandi tertentu," kata Dr. Lauren Streicher, seorang ahli kebidanan dan ginekologi di Fakultas Kedokteran Northwestern University.

Misalnya setelah Anda berhubungan seks, pH atau tingkat keasaman vagina dalam kondisi normal antara 3,8-4,2 dan dapat berubah saat terkena sperma pria yang memiliki kadar pH antara 7,2-8. Ketidakseimbangan ini dapat menyebabkan bau atau gatal pada vagina.

Berikut beberapa gangguan lain yang dapat menyebabkan ketidakseimbangan pH vagina, antara lain:

1. Deterjen pakaian
2. Sabun mandi
3. Pembalut atau panty liner
4. Beberapa jenis bahan pakaian
5. Kondom lateks
6. Cairan pembersih vagina

Seorang wanita harus mengetahui apakah bau vaginanya masih dapat dikatakan normal atau tidak. Jika bau vagina tidak biasa dan berlebihan, Anda harus waspada terhadap beberapa kemungkinan seperti iritasi, infeksi jamur, atau pertumbuhan bakteri yang berlebihan pada vagina (bakterial vaginosis).

Waspadai kondisi dimana vagina terasa gatal, muncul ruam, kemerahan iritasi, atau perubahan debit cairan vagina yang meningkat dan menimbulkan bau yang tidak sedap. Segera periksakan kondisi tersebut ke dokter untuk mendapatkan diagnosis yang lebih dini.

Kondisi tersebut bisa menjadi tanda-tanda masalah kesehatan yang lebih serius seperti penyakit menular seksual, infeksi vagina, atau kanker serviks.

Seperti ditulis sheknows, Kamis (7/2/2013) berikut hal-hal yang perlu Anda perhatikan untuk menjaga kebersihan vagina dan menjaga agar bau vagina tetap normal, antara lain:

1. Mandi teratur
2. Cepat mengganti pakaian basah atau berkeringat
3. Hindari penggunaan pakaian ketat
4. Jangan sembarangan menggunakan cairan pembersih vagina
5. Gunakan sabun dengan wewangian yang ringan




(vit/vit)