Minggu, 10 Feb 2013 12:00 WIB

Gaya Diet Tidak Sehat Ala Orang Selatan Tingkatkan Risiko Stroke

- detikHealth
ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Pola makan ala orang Barat (Western diet) telah diketahui dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan seperti obesitas dan penyakit jantung. Ada satu lagi pola makan yang perlu Anda hindari, yaitu diet ala orang Selatan (Southern diet) yang diketahui dapat meningkatkan risiko stroke.

Orang yang mengadopsi Western diet biasanya lebih banyak mengonsumsi junk food, soda, dan makanan berlemak lainnya. Sedangkan gaya makan orang Selatan, seperti Afrika Amerika yang disebut dengan Southern diet lebih banyak mengonsumsi daging dan jeroan yang disajikan dengan saus.

Sebuah studi yang dilakukan sebelumnya telah menunjukkan bahwa orang-orang yang tinggal di Afrika atau Amerika Selatan lebih mungkin mengalami stroke hingga 20 persen dibandingkan dengan orang Amerika Utara. Hal ini terjadi karena perbedaan gaya diet di kedua wilayah tersebut.

Menurut penelitian terbaru yang dilakukan oleh ilmuwan dari University of Alabama di Birmingham dan dipresentasikan dalam konferensi tahunan International Stroke Conference tanggal 7 Februari kemarin, seseorang yang rutin mengadopsi gaya diet ala orang Selatan tersebut berada pada risiko yang lebih tinggi untuk stroke.

Peneliti menganalisis kebiasaan diet dari 20.000 orang dewasa yang berusia lebih dari 45 tahun melalui penelitian yang telah dilakukan sejak tahun 2003 hingga 2007. Peserta penelitian juga berpartisipasi dalam pemeriksaan fisik dan tes darah setiap interval 6 bulan selama 5 tahun.

Studi tersebut menemukan bahwa orang yang makan dengan gaya Southern diet sekitar enam kali seminggu memiliki peningkatan 41 persen terhadap risiko stroke dibandingkan dengan orang yang mengonsumsi makanan tersebut sebulan sekali.

"Konsumsi makanan ala Southern diet seperti makanan yang digoreng, jeroan, tembolok dan daging bahkan dapat meningkatkan risko stroke hingga 30 persen meski Anda tidak merokok dan tidak obesitas," kata Suzanne Judd, PhD, penulis utama studi, seperti dilansir everydayhealth, Minggu (10/2/2013).

Namun tidak semua gaya diet ala orang Selatan buruk, karena semua hal tersebut bergantung pada pemilihan makanannya. Ada makanan dengan gaya Southern diet yang baik untuk kesehatan seperti kubis hijau yang banyak tumbuh di Amerika. Makanan lain seperti buah-buahan, sayuran, dan sumber protein seperti ayam tanpa kulit dan ikan justru dapat mengurangi risiko stroke hingga 20 persen.

(vit/vit)