ADVERTISEMENT

Jumat, 21 Jun 2013 07:31 WIB

Segar dan Sehat, Ini Minuman Penawar Hipertensi

- detikHealth
Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta - Tekanan darah tinggi alias hipertensi sering disebut 'silent killer' karena seringkali tidak menunjukkan gejala apa-apa tapi tiba-tiba menyebabkan berbagai penyakit mematikan. Untuk menurunkannya, beberapa minuman segar bisa menjadi pilihan menarik.

Berikut beberapa minuman yang dapat membantu menurunkan tekanan darah, seperti dilansir Livestrong, Jumat (21/6/2013):

1. Jus jeruk

Ilmuwan dari St George's Medical School di London meneliti efek dari sitrat kalium yang ditemukan dalam pisang dan buah jeruk, serta kalium klorida dari suplemen. Ilmuwan menemukan bahwa kedua bentuk kalium tersebut efektif dalam menurunkan tekanan darah bagi penderita hipertensi tahap 1.

2. Jus bayam

Folat, yaitu vitamin B yang larut yang ditemukan pada bayam dan brokoli juga dapat menurunkan tekanan darah. Ilmuwan dari Policlinico di Modena, Italia, mengeksplorasi efek folat pada tekanan darah pada wanita menopause dan hasilnya membuktikan jus bayam dapat menurunkan tekanan darah.

3. Jus buah bit

Penelitian yang dilakukan ilmuwan dari Barts and London Medical School dan Queen Mary University of London menunjukkan minum jus bit dapat menurunkan tekanan darah. Ini karena buah bit mengandung nitrat yang bisa membantu menurunkan tekanan darah.

Mekanisme kerja yang terjadi adalah kadar nitrat anorganik di dalam buah bit akan diubah menjadi gas oksida nitrat saat dimakan. Gas ini akan membuat pembuluh darah terbuka dan rileks, sehingga tekanan darah seseorang menjadi turun. Namun efek ini lebih jelas terlihat pada laki-laki dibandingkan dengan perempuan.

4. Teh hitam

Orang yang secara teratur minum teh hitam dapat mengambil manfaat dari sedikit penurunan tekanan darah. Hal tersebut berdasarkan sebuah studi baru dari Australia.

Meskipun penelitian tidak dapat mengidentifikasi komponen spesifik dari teh yang mungkin dapat menyebabkan penurunan tekanan darah, namun penelitian terakhir menunjukkan bahwa flavonoid, yaitu senyawa yang ditemukan dalam banyak tanaman seperti teh, baik untuk kesehatan jantung.

5. Susu rendah atau tanpa lemak

Susu merupakan minuman yang baik untuk menurunkan tekanan darah, karena mengandung kalium dan kalsium, yaitu dua nutrisi yang berhubungan dengan tekanan darah sehat, serta diperkaya dengan vitamin D.

Susu rendah lemak juga dapat membantu menurunkan tekanan darah, menurut laporan sebuah studi yang dipublikasi dalam British Journal of Nutrition tahun 2009.

(mer/vit)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT