Kamis, 25 Jul 2013 08:08 WIB

Ingin Punya Ginjal yang Sehat? 6 Sumber Nutrisi Ini Bisa Diandalkan

- detikHealth
ilustrasi (Foto: ThinkStock) ilustrasi (Foto: ThinkStock)
Jakarta - Ginjal yang sehat sama pentingnya dengan jantung yang sehat. Meskipun demikian, masih banyak orang yang belum paham bagaimana cara untuk menjaga kesehatan ginjal. Padahal ginjal sehat bisa didapat dengan mengonsumsi beberapa sumber nutrisi ini.

Berikut daftar makanan yang bisa Anda konsumsi untuk mendapatkan ginjal yang sehat, seperti dilansir Times of India, Kamis (25/7/2013):

1. Paprika merah

Paprika dapat membantu memecah sisa-sisa limbah tak terpakai yang terdapat di dalam darah. Ini merupakan salah satu jenis sayuran yang sempurna bagi mereka yang mengalami penyakit pada ginjalnya. Tak semua paprika memberi manfaat yang sama, pastikan untuk memberikan paprika merah pada pasien gangguan ginjal.

2. Putih telur

Jika Anda memiliki masalah ginjal, Anda perlu protein dengan fosfor yang lebih sedikit. Sumber protein ini bisa didapat dari putih telur. Sebab, putih telur memiliki protein yang sehat dan kandungan fosfor jauh lebih sedikit dibandingkan dengan sumber protein lainnya. Namun perlu diingat, orang dengan masalah ginjal harus menghindari mengonsumsi kuning telur.

3. Kembang kol

Cara termudah untuk mengolah kembang kol adalah dengan merebus dan menambahkan sedikit bumbu seperti merica serta garam. Kembang kol merupakan sayuran 'musuh' bagi senyawa beracun dalam tubuh Anda. Kembang kol kaya akan indoles, glucosinolates, dan tiosianat, semua zat ini sangat bermanfaat untuk membuang semua limbah beracun dalam tubuh Anda.

4. Kubis

Sayuran berlapis ini merupakan sumber yang baik untuk phytochemical. Phytochemical bekerja untuk menghilangkan radikal bebas yang dapat merusak tubuh dan kulit. Selain itu, pada dasarnya setiap buah dan sayuran yang dapat memecah radikal bebas merupakan rahasia kulit bersinar alami.

5. Ikan

Daging ikan memiliki lemak anti-inflamasi, omega-3, yang dapat mengurangi masalah pada ginjal. Ikan juga merupakan sumber yang protein yang sangat baik.

6. Jus buah atau sayur

Baik jus buah maupun jus sayur memiliki sifat untuk membuang sisa limbah tak terpakai yang ada di dalam tubuh. Jus sayuran memiliki phytochemical yang besar bagi mereka yang menjalani dialisis, sebab kandungan ini membantu mencegah timbulnya gagal ginjal. Sementara jus buah, terutama buah yang kaya antioksidan, dapat meningkatkan kesehatan ginjal.





(vit/vit)