Jumat, 03 Jan 2014 07:15 WIB

Malas Bangun Pagi untuk Olahraga? Ini Trik Mengatasinya

- detikHealth
Ilustrasi (Foto: thinkstock) Ilustrasi (Foto: thinkstock)
Jakarta - Olahraga di pagi hari bisa jadi salah satu resep agar seseorang merasa tubuhnya tetap bugar dan bersemangat meski sibuk seharian. Namun yang sering terjadi, banyak orang enggan beranjak dari tempat tidur hanya untuk berolahraga.

Nah, untuk mengusir rasa malas bangun dari tempat tidur, ada beberapa trik yang bisa Anda lakukan, seperti dikutip dari Woman's Health, Jumat (3/1/2014):

1. Dapatkan sinar matahari

Menurut National Sleep Foundation, ketika mata Anda terasa bercahaya, akan timbul reaksi berantai dalam otak yang membuat Anda waspada dan berenergi. Maka dari itu, sebaiknya arahkan tempat tidur atau ambil posisi tidur di mana mata bisa mendapat sinar ketika matahari mulai terbit.

2. Hirup aroma kopi

Kopi memang bisa merangsang otak untuk lebih bersemnagat. Nah, ada studi yang menemukan bahwa aroma kopi saja bisa mengurangi stres karena kurang tidur. Maka dari itu, mintalah bantuan orang lain untuk menyeduh kopi atau gunakan mesin pembuat kopi otomatis agar aromanya bisa membangunkan Anda.

3. Siapkan 'alat perang'

Agar keesokan hari Anda tidak merasa malas berolahraga, persiapkan dulu malam harinya segala perlengkapan 'perang' Anda seperti iPod, baju olahraga, sepatu, atau beberapa alat olahraga di dekat ranjang Anda.

4. Pilih sarapan yang tepat

Makanan tinggi protein dan karbohidrat kompleks memang bisa dicerna dengan cepat sehingga memberi energi yang cukup. Tapi, tak ada salahnya memilih makanan favorit Anda untuk sarapan misalnya yogurt, buah, roti dan selai kacang, apel, atau dadar putih telur dengan keju.

5. Tidur malam yang cukup

Jika waktu tidur Anda terpenuhi selama tujuh sampai delapan jam, maka Anda dipastikan bisa bangun tepat waktu dengan kondisi tubuh segar. Oleh karena itu, sebelum pergi tidur, matikan semua perangkat lektronik yang bisa mengganggu proses tidur Anda lalu cobalah untuk rileks agar mudah terlelap.

6. Buat janji dengan teman

Saat hari libur, buatlah janji untuk olahraga bersama teman-teman. Dengan begitu, semalas apapun Anda, motivasi serta ajakan dari teman-teman pasti berhasil membuat Anda beranjak dari ranjang dan keluar rumah untuk berolahraga.





(rdn/vta)