ADVERTISEMENT

Rabu, 29 Jan 2014 11:43 WIB

Teko Kopi hingga Sakelar, Benda Rumah yang Jadi Tongkrongan Favorit Kuman

- detikHealth
Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Jakarta - Tidak peduli seberapa sering rumah dibersihkan, kuman dan bakteri berbahaya tetap bandel bersembunyi di tempat-tempat tidak terduga. Salah satu benda yang jadi tempat persembunyian favorit kuman dan dipenuhi oleh mereka adalah teko kopi.

Ada sembilan titik yang sering luput dari proses 'eksekusi' bersih-bersih, dari tempat sikat gigi di kamar mandi hingga tombol atau tuas kompor di dapur. Akibatnya titik-titik tersebut menjadi tempat favorit kuman. Jika terus diabaikan selama berminggu-minggu, titik-titik tersebut bisa menjadi sarang kuman dan cukup berbahaya.

Sarah Humphreys, editor eksekutif majalah Real Simple, mengungkap bahwa dari semua spot penuh kuman, yang paling mengejutkan adalah teko kopi. Padahal cawan itu sering digunakan untuk menyeduh kopi dan kopinya dinikmati anggota keluarga.

"Anda mungkin telah membersihkan filternya, tapi minyak dari dasar filter atau mineral-mineral dari air akan terus menumpuk dari waktu ke waktu dan dipenuhi bakteri," ungkap Humphreys, sebagaimana dikutip dari Daily Mail, Rabu (29/1/2014).


Untuk itu, menurut paparan Humphreys, kerak pada mesin pembuat kopi harus dibersihkan menggunakan air cuka putih setiap enam bulan sekali.

Bagian dapur lain yang juga berkuman dan harus sering dibersihkan adalah tuas penyala kompor dan mangkuk makan hewan peliharaan. Tombol-tombol pada kompor sering dipenuhi lemak dan segala macam kotoran, akibatnya kuman atau bakteri senang bersarang di sana. Selain itu, mangkuk makanan hewan juga salah satu benda tang menjadi tempat persembunyian kuman. Humphreys merekomendasikan agar mangkuk makan hewan dicuci setiap hari.

Anda mungkin mengira bahwa kloset adalah tempat paling berkuman di kamar mandi. Tapi tidak, dinding toilet justru merupakan tempat paling berkuman. Pasalnya dinding adalah bagian yang sering terkena terpaan air siraman kloset dan luput dari pembersihan jika tidak terlihat terlalu kotor.

"Jika Anda menonton penyiraman kloset dalam gerakan lambat, akan tampak seperti kembang api. Dan mikroba dapat berpindah hingga 6 meter," jelas Humphreys.

Akibatnya, dinding kamar mandi menjadi titik yang sangat berkuman. Untuk itu, setiap kali membersihakan kamar mandi, jangan lupa untuk menggosok bagian dinding.

Penjahat lain yang tidak terlihat kotor padahal sangat berkuman adalah tempat sikat gigi. Bakteri berkembang di tempat-tempat yang gelap dan lembap. Salah satunya adalah bagian bawah tempat sikat gigi. Untuk itu tempat sikat gigi harus sering dibersihkan dan dijaga agar tidak terpapar bakteri atau kuman. Benda paling berkuman lain di kamar mandi adalah keset kamar mandi.

Di dalam ruang keluarga, tempat nongkrong favorit kuman adalah remot kontrol, sakelar lampu, serta mainan anjing. Mengejutkan memang bahwa benda-benda tersebut lebih berkuman dibanding gagang kloset.

"Remot kontrol lebih kotor dari gagang kloset, dan juga kotak tisu. Bersihkan dengan penyeka antibakteri, dan singkirkan kuman-kuman itu," pungkas Humphreys.

(vit/vit)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT