Selasa, 04 Mar 2014 14:27 WIB

6 Cara Menyelamatkan Ginjal dari Penyakit

- detikHealth
Ilustrasi (dok: Thinkstock) Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta - Satu dari 3 orang di Amerika Serikat mengalami peningkatan risiko kerusakan ginjal akibat berbagai macam penyakit. Organ yang berfungsi sebagai penyaring racun untuk dikeluarkan ini harus dijaga agar tidak rusak terkena penyakit.

Menyambut hari ginjal sedunia yang jatuh pada 13 Maret, National Kidney Foundation mengkampanyekan pentingnya menjaga kesehatan ginjal. Minimal, semua orang harus mempelajari organ berbentuk seperti biji kacang ini dan cara menjaganya tetap sehat.

Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut seperti dikutip dari Foxnews, Selasa (4/3/3014).

1. Periksa
Jika merasa berisiko, maka penting untuk melakukan pemeriksaan ginjal secara rutin setiap tahun. Ada beberapa pemeriksaan, salah satunya albumin. Protein ini bila terdeteksi dalam jumlah banyak di dalam urine maka artinya terjadi kebocoran di ginjal. Pemeriksaan lainnya adalah creatinin, yang menunjukkan laju penyaringan glomerular atau Glomerular Filtration Rate (GFR).

2. Kontrol gula darah dan tekanan darah
Tekanan darah tinggi dan diabetes merupakan 2 penyebab utama kerusakan ginjal. Organ ini memiliki banyak pembuluh darah karena memang fungsinya untuk menyaring darah. Penyakit apapun yang mempengaruhi pembuluh darah, maka akan berbahaya juga untuk ginjal. Pastikan kadar gula darah dan tekanan darah selalu terkontrol.

3. Timbang badan
Menjaga berat badan ideal memiliki pengaruh penting bagi ginjal. Terlalu gemuk artinya ginjal harus bekerja lebih keras untuk menyaring racun. Di samping itu, kegemukan juga meningkatkan risiko diabetes dan tekanan darah tinggi yang juga membahayakan ginjal seperti disebutkan pada poin sebelumnya.

4. Berhenti merokok
Rokok bisa memperburuk kondisi penyakit yang merusak ginjal, termasuk diabetes dan tekanan darah tinggi. Berhenti merokok memang tidak mudah, tetapi harus dilakukan untuk melindungi ginjal dari ancaman berbagai macam penyakit akibat rokok.

5. Olahraga
Kerusakan ginjal umumnya berjalan lambat, sehingga perubahan gaya hidup sangat mungkin dilakukan untuk mencegahnya. Olahraga dan mengonsumsi makanan sehat bisa menurunkan risiko kerusakan ginjal. Mengurangi asupan garam juga bisa mencegah tekanan darah tinggi yang merusak ginjal.

6. Hati-hati mengonsumsi obat
Obat-obatan, termasuk pereda nyeri yang banyak dipakai sehari-hari, semua disaring di ginjal. Untuk menghindari kerusakan ginjal karena terlalu keras bekerja, konsumsilah obat sesuai anjuran dan jangan berlebihan. Baca juga label di brosur atau kemasannya, konsultasikan dengan dokter bila ada efeknya ke ginjal.

(up/vit)