Kamis, 05 Jun 2014 07:53 WIB

Olahraga Bagi yang Sibuk

Mengenal High Intensity Interval Training, Olahraganya Orang Sibuk

- detikHealth
Foto: Ilustrasi (Thinkstock)
Jakarta - lahraga teratur setiap hari memang cara paling baik untuk membuat tubuh tetap sehat dan bugar. Namun seringkali kita disibukkan dengan pekerjaan sehingga tidak ada waktu untuk berolahraga. Baru-baru ini, muncul alternatif baru bagi mereka yang tak sempat berolahraga secara teratur.

Olahraga tersebut dikenal sebagai High-intensity interval training (HIIT) atau olahraga intensitas tinggi dalam waktu singkat. Beberapa metode yang terkenal dari antara lain Crossfit dan Tabata. Video tentang olahraga tersebut ramai beredar di Youtube, dengan cara yang hampir sama yakni menggabungkan olahraga intensitas tinggi dengan intensitas ringan dan dilakukan tidak sampai satu jam.

"Contohnya itu kan misalnya lari ya, sprint selama 2 menit, lalu setelahnya joging 1 menit, setelah itu sprint lagi 2 menit, begitu terus," tutur dr Michael Triangto, SpKO, pakar kedokteran olahraga dari RS Mitra Kemayoran Jakarta ketika dihubungi detikHealth dan ditulis Kamis (5/6/2014).

Tak hanya untuk lari, olaharaga intensitas tinggi juga bisa dilakukan untuk jenis olahraga lainnya. Metode Tabata contohnya, menggabungkan gerakan push-up, jump squat, chin-up atau gerakan lain.

Misalnya, push-up dilakukan selama 20 detik. Setelah itu ada interval untuk istirahat selama 10 detik dan dilanjutkan lagi dengan jump squat selama 20 detik. Siklus tersebut berlanjut hingga 10-15 menit.

Lalu apakah melakukan olahraga intensitas tinggi lebih efektif daripada olahraga sedang setiap hari? dr Michael mengatakan bahwa sebelum melakukan olahraga intensitas tinggi, harus diketahui dulu apa tujuan Anda untuk melakukan olahraga tersebut.

"Kalau tujuannya untuk mengencangkan otot, meningkatkan pembakaran lemak, ini cocok. Tapi kalau masih obesitas ingin melakukan ini susah. Nanti cuma satu minggu dan bisa-bisa malah cedera," ungkap dr Michael lagi.



(up/up)