Selasa, 18 Nov 2014 11:06 WIB

5 Manfaat Mengisi Waktu Istirahat dengan Minum Teh

- detikHealth
Ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Seharian bekerja di depan komputer tentu melelahkan sekaligus menjemukan. Sekali waktu butuh istirahat untuk memulihkan kebugaran, mood, dan semangat kerja.

Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan pada jeda waktu istirahat, misalnya ke toilet atau keluar untuk makan siang. Bagi yang waktunya sangat terbatas, cobalah mengisi waktu istirahat dengan minum teh.

Beberapa manfaat mengisi waktu istirahat dengan minum teh adalah sebagai berikut, dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (18/11/2014).

1. Mengistirahatkan mata
Untuk menyiapkan teh, minimal harus ke pantry untuk mengambil gelas dan air panas. Kalaupun sudah tersedia dispenser di dekat meja, usahakan cari yang jauh. Sejenak meninggalkan meja kerja akan memberi kesempatan bagi mata untuk menatap benda lain setelah berjam-jam menatap layar komputer.

Para pakar merekomendasikan untuk mengistirahatkan mata tiap 15-30 menit. Minum teh dengan cangkir kecil mengharuskan seseorang untuk bolak-balik ke pantry mengisi air panas, sehingga makin banyak kesempatan untuk mengistirahatkan mata.

2. Mengistirahatkan punggung
Bukan cuma mata yang butuh istirahat, seluruh tubuh juga bisa merasakan penat. Memang hanya duduk, tidak terlalu melelahkan bagi otot. Namun bagi tulang punggung, duduk diam bisa memicu kekakuan dan itu sangat tidak nyaman. Belum lagi otot-otot tertentu misalnya di bagian pantat, akan merasa pegal dan mungkin hingga mati rasa akibat kesemutan karena berjam-jam duduk akan memberikan tekanan yang besar di area tersebut.

3. Mengurangi stres
Banyak penelitian membuktikan bahwa teh mengandung senyawa pereda stres. Bukan itu saja, beranjak dari meja kerja juga mengalihkan perhatian dari berbagai urusan terkait pekerjaan. Ini sangat berguna untuk meredakan stres.

4. Hidrasi
Berkurangnya cairan tubuh bisa membuat konsentrasi menurun, begitu pun produktivitas akan ikut menurun. Minum teh, sebagaimana minuman lain pada umumnya, bisa menjaga hidrasi atau kecukupan cairan. Beberapa penelitian juga menunjukkan, senyawa dalam teh bisa mengikat cairan lebih lama di dalam tubuh.

5. Menjalin keakraban
Bonus yang didapat dari minum teh, khususnya minum teh bersama, adalah menambah keakraban. Makin akrab dengan rekan sekantor, produktivitas akan lebih baik. Stres pun berkurang karena suasana pertemanan akan menjadi jauh lebih cair.

(up/vit)