Senin, 15 Des 2014 07:04 WIB

Batasi Asupan Garam 3 Gram Sehari Turunkan Risiko Sakit Kepala Hingga 31 Persen

- detikHealth
Ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Sering mengalami sakit kepala? Jika ya, coba tilik kembali pola makan Anda apakah terlalu banyak mengonsumsi makanan asin. Sebab, studi terbaru menemukan bahwa mengurangi konsumsi garam mampu menurunkan risiko sakit kepala.

Studi dari John Hopkins University menemukan bahwa memangkas konsumsi garam sampai 3 gram sehari atau setengah sendok teh mampu menurunkan risiko sakit kepala sampai 31%. Pasalnya, mengurangi asupan garam bisa menurunkan tekanan darah dan denyut nadi yang terlalu cepat.

Dalam studinya, ketua peneliti Lawrence Appel dan tim menganalisa 400 pria dan wanita yang diminta melakukan diet rendah lemak, mengonsumsi banyak buah, sayur, dan produk susu rendah lemak. Mereka juga diminta mengonsumsi hampir 9 ram garam sehari.

Perlahan, dalam beberapa hari konsumsi garam makin dikurangi menjadi enam gram sampai akhirnya pada tahap tiga gram sehari. Selama pengamatan, peserta diminta mengisi kuisioner terkait efek samping yang dirasa termasuk sakit kepala, kembung, mulut kering, haus berlebih, kelelahan, lemas, pusing ringan, mual, dan perubahan selera makan.

"Kami menemukan mengurangi asupan garam dari sembilan gram menjadi 3 gram per hari menurunkan sakit kepala sampai 31%. Asupan sodium yang rendah berkaitan erat dengan rendahnya risiko sakit kepala," tutur Lawrence, dikutip dari Daily Mail, Senin (15/12/2014).

Sementara itu, Professor Graham MacGregor dari Queen Mary University, London and World Action on Salt and Health (WASH) menegaskan bahwa telah lama menduga mengurangi asupan garam bisa menurunkan risiko sakit kepala. Sehingga, studi ini dianggap Prof Graham menjadi salah satu bukti yang jelas.

"Saya menganjurkan bagi mereka yang sering sakit kepala, kurangilah asupan garam. Dengan begitu, tekanan darah tinggi Anda pun bisa turun dan otomatis risiko penyakit lain seperti stroke dan serangan jantung bisa berkurang," kata Prof Graham.


(rdn/up)