Sabtu, 22 Agu 2015 08:09 WIB

Konsumsi Minyak Zaitun Murni Bisa Rendahkan Kolesterol dan Gula Darah

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Foto: Thinsktock/dulezidar Foto: Thinsktock/dulezidar
Roma - Dibandingkan dengan jenis lemak lainnya, minyak zaitun murni punya dampak yang lebih sehat pada tingkat gula darah dan kolesterol seseorang sehabis makan.

Studi dari peneliti di Sapienza University mengatakan hal ini mungkin menjelaskan mengapa orang yang mengikuti pola diet mediterania yang kaya minyak zaitun murni atau extra virgin olive oil (EVOO) lebih sedikit berisiko alami penyakit kardiovaskular.

"Merendahkan glukosa dalam darah dan kolesterol pasca makan ini bisa sangat berguna untuk mengurangi dampak negatif dari glukosa dan kolesterol pada sistem kardiovaskular," kata pemimpin studi Francesco Violi seperti dikutip dari Reuters pada Sabtu (22/8/2015).

Baca juga: Minyak Zaitun Bisa Mencegah Penyakit Serius

Violi bersama rekannya telah menguji dampak menambah ekstra EVOO pada makanan. Sebanyak 25 orang ikut serta dalam dua program diet mediterania dengan program pertama makanan diberikan ekstra 10 gram EVOO dan kemudian makanan berikutnya memakai ekstra 10 gram minyak jagung.

Tes darah yang dilakukan dua jam sebelum dan sesudah partisipan makan menunjukkan adanya peningkatan gula darah yang normal. Namun ada perbedaan yaitu pada saat partisipan mengonsumsi makanan dengan ekstra EVOO gula darahnya naik lebih sedikit.

Studi yang dilakukan Violi sejalan dengan studi sebelumnya yang menemukan EVOO menambah produksi insulin, hormon yang membantu mengubah gula darah jadi energi.

Menanggapi studi Arrigo Cicero dari University of Bologna mengatakan meski semakin jelas manfaat dari EVOO, namun bukan berarti orang-orang yang ingin sehat harus 'menumpahkan' banyak-banyak minyak ke dalam masakan.

"Gunakan extra virgin olive oil untuk menggantikan lemak. Asumsinya adalah dia digunakan sebagai sumber energi dalam konteks diet seimbang," pungkas Cicero.

Baca juga: Jangan Pakai Sembarang Minyak untuk Pijat Payudara

(ajg/up)
News Feed