Senin, 21 Sep 2015 07:04 WIB

4 Cara Mengecilkan Perut yang Aneh Tapi Masuk Akal

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Foto: Thinkstock/gpointstudio
Jakarta - Punya perut rata adalah idaman semua orang, namun sayang terkadang sulit diwujudkan. Bagi yang mulai frustrasi, tidak ada salahnya mencoba jenis olahraga alternatif.

Dikutip dari health.com, Senin (21/9/2015), berikut ini beberapa gerakan olahraga yang unik tetapi cukup masuk akal untuk mengencangkan perut.

1. Meniup balon
Kegiatan ini mengolahragakan perut bagian dalam. karena meniup balon membutuhkan semua otot di bagian tengah, kegiatan ini bagus juga digunakan untuk pemanasan. Cuma butuh satu balon yang biasa dipakai untuk pesta.

Caranya, berbaringlah dengan lutut tertekuk ke atas, cari posisi yang nyaman dan natural untuk punggung. Tarik napas diafragma dengan sedalam-dalamnya, biarkan perut tertekan. Lalu tiup balon perlahan, sebesar-besarnya. Rasakan otot perut dalam mulai bekerja saat Anda meniup balon.

2. Windshield wiper lunge
Gerakan ini cukup serbaguna karena melatih otot perut dari berbagai sudut. Saat tangan melintasi kepala, core atau otot inti tubuh harus bekerja agar stabil. Otot punggun dan samping juga dilatih di tiap gerakan.

Caranya pegang handuk kecil dengan kedua tangan di atas kepala. Langkahkan kai ke kiri, lalu bawa turun badan dengan bertumpu pada kaki kanan dalam posisi menekuk seperti duduk (lunge). Pada saat bersamaan, condongkan badan ke arah kiri dengan tangan tetap memgang handuk.

3. Runners arms
Banyak orang mengira lari hanya melibatkan gerakan ke arah depan. Kenyataannya, tangan juga berayun untuk menjaga tubuh dalam posisi stabil. Ayunan tangan tersebut membutuhkan kerja otot perut. Ide gerakan ini adalah menirukan gerakan tangan saat lari, hanya saja dilakukan tanpa lari.

4. Gerakan panjat tebing
Tidak perlu benar-benar memanjat, idenya hanya mengambil gerakan melangkahkan kaki sejauh mungkin yang sangat melibatkan otot. Caranya ambil posisi plank atau push up. Dengan tetap menjaga posisi tubuh selalu stabil, langkahkan salah satu kaki ke depan sedekat mungkin ke tangan. Kembalikan ke posisi semula secara perlahan, lalu ulangi dengan kaki yang satunya. Gerakan ini mirip seperti seorang pemanjat tebing, hanya saja ini cukup dilakukan di lantai. (up/up)