Jumat, 16 Okt 2015 10:33 WIB

7 Manfaat Sehat yang Bisa Didapat Hanya dengan Tertawa

Jeems Suryadi - detikHealth
Foto: Getty Images/Pascal Le Segretain Foto: Getty Images/Pascal Le Segretain
Jakarta - Saat bahagia, seseorang akan tertawa. Sebaliknya, tertawa punya banyak manfaat termasuk membuat hidup terasa lebih bahagia.

Tertawa memiliki efek yang sangat luar biasa untuk kesehatan. Tertawa bikin lebih bersemangat menjalani hari, menenangkan fikiran dan mengangkat mood pada tingkat tertentu.

Semua senang dengan lawakan di kantor, atau komentar-komentar lucu dari anak-anak, atau sebuah kejadian yang tidak sengaja terjadi yang membuat tawa meledak. Apapun yang memberikan kesehatan mental dan emosi merupakah sesuatu yang sangat luar biasa, dan mungkin ada satu hal lagi yang belum disadari yakni manfaat tertawa untuk tubuh manusia.

Seperti dikutip dari Huffington Post, Kamis (15/10/2015), berikut adalah manfaat berbagai macam tawa bagi tubuh manusia. Bocoran saja, hal ini sangat baik untuk Anda, dari ujung kepala hingga ujung kaki. Yuk, tertawa!

Baca juga: Dokter Ganteng Ini Menarik Perhatian Lewat Foto-foto di Instagramnya 

1. Kepala:

Mengurangi efek dari hormon stres, mengurangi tingkat stres dan kecemasan. Mengangkat mood.

2. Nafsu makan

Tertawa selama 10-15 menit bisa membakar 10-40 kalori. Memodulasi dan mengoptimalkan hormon nafsu makan (leptin dan ghrelin) untuk meningkatkan nafsu makan, sama seperti saat berolahraga.

3. Sistem imun

Meningkatkan produksi dari antibodi. Mengaktifkan sel protektif, termasuk T sel dan sel yang membunuh aktivitas kanker.

4. Kandung kemih

Tertawa memberi tekanan pada kandung kemih Anda. Bagi mereka yang merasakan stres, tertawa bisa menyebabkan kandung kemih robek.

5. Peredam rasa sakit

Tertawa dapat mengurangi rasa sakit, karena melepaskan sel endorfin atau hormon rasa senang.

6. Jantung

Mengurangi peradangan pada jantung, melindungi dari penyakit jantung seperti aritmia, hipertensi, dan risiko serangan jantung. Mengurangi jumlah kolestrol jahat dan meningkatkan kolestrol baik. Menurunkan tekanan darah tinggi.

7. Otot

Tertawa dapat membuat otot tubuh kita menjadi rileks, sehingga dapat beraktivitas dengan lebih ringan.

Baca juga: Siapa Sangka, Tokoh Kartun Ini Ternyata Mengidap Narkolepsi  (up/up)