Sabtu, 28 Nov 2015 14:02 WIB

Punya Gigi Sehat Cemerlang Bisa Tambah Rasa Percaya Diri

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Foto: thinkstock
Tangerang - Memiliki gigi sehat dan cemerlang tak hanya baik untuk kesehatan gigi dan mulut. Dokter mengatakan gigi sehat cemerlang juga bisa menambah percaya diri.

drg TB Iman Wahyu Kusumadirja dari Bethsaida Hospital Serpong mengatakan gigi sehat dan cemerlang membuat seseorang lebih mudah tersenyum. Dengan memiliki gigi yang baik, senyum seseorang akan makin menawan dan menambah rasa percaya diri.

"Jadi gigi itu tak hanya sekedar sehat saja, tapi juga harus bagus. Sehingga orang akan lebih mudah tersenyum dan akhirnya menambah rasa percaya diri," tutur drg Iman, dalam seminar awam di Bethsaida Hospital, Jl Boulevard Gading Serpong, Tangerang, Banten, Sabtu (28/11/2015).

Baca juga: Catat! Ini Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Menyikat Gigi

Masalahnya, belum semua orang menyadari pentingnya melakukan konsultasi gigi dan mulut secara berkala. Sebagian orang menganggap pergi ke dokter gigi hanya dilakukan jika gigi sakit atau ketika berlubang.

Padahal jika kita lalai memerhatikan kondisi kesehatan gigi, kemungkinan penurunan fungsi gigi dan gusi akan semakin besar. Yang jika dibiarkan akan mengganggu kesehatan mulut dan berpengaruh terhadap senyum dan percaya diri.

Baca juga: Supaya Maksimal, Sikat Gigi Baiknya Berapa Menit?

Oleh karena itu drg Iman berpesan agar masyarakat tetap menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan menyikat gigi secara baik dan benar minimal dua kali sehari. "Sekali juga nggak apa-apa asal bersih dan semuanya dibersihkan secara menyeluruh," ungkapnya.

"Tapi tetap kontrol ke dokter gigi untuk membersihkan karies. Karena karies tak bisa semuanya dibersihkan hanya dengan sikat gigi saja," paparnya lagi.

(mrs/lll)