Sabtu, 26 Des 2015 08:02 WIB

Hati-hati, Bawa Tas Terlalu Berat Saat Liburan Bisa Mencederai Punggung

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Menghabiskan waktu libur panjang dengan bepergian tentu membuat Anda harus menyiapkan dan membawa barang bawaan. Perhatikan dengan benar, jika sembarangan bisa jadi tubuh malah cedera.

"Seseorang berisiko tinggi mengalami cedera di area punggung, leher dan bahu jika sembarangan membawa barang-barang berat. Perhatikan dengan benar saat membawanya agar cedera tak mengganggu waktu liburan," ujar ahli bedah ortopedi sekaligus juru bicara American Academy of Orthopedic Surgeons (AAOS).

Menurut Khanna, persiapan tepat dalam membawa barang untuk liburan sebenarnya bisa dimulai sejak awal. Jika memang barang yang akan dibawa cukup banyak, sebaiknya Anda tak memaksakan diri menggunakan ransel. Jauh lebih baik Anda membawa koper dengan bahan tak terlalu berat badan, serta memiliki roda dan pegangan yang kokoh.

Saat hendak memindahkan tas atau barang ke bagasi, hindari memaksakan tubuh jika memang terlalu berat. Gunakan kedua tangan dan dekatkan barang dengan tubuh Anda. Jangan ragu meminta bantuan orang lain jika Anda merasa tak sanggup.

"Hindari juga membawa barang-barang berat dalam jangka waktu yang lama. Jika Anda naik pesawat atau bus, sebaiknya letakkan barang di bagasi daripada Anda harus memangkunya selama perjalanan," imbuh Khanna.

Nah, jika kemudian Anda tetap menggunakan tas ransel dengan beban cukup berat, Khanna menyarankan Anda untuk tetap menggunakan dua tali bahunya. Sesuaikan panjangnya agar beban yang dibawa tak semakin terasa berat.

Seperti dikutip dari Livestrong, Sabtu (26/12/2015), beberapa latihan bisa dilakukan untuk mencegah rasa nyeri atau sakit di bahu akibat membawa beban berat, salah satunya adalah latihan bahu rotator cuff. Latihan ini bisa memperkuat otot, meningkatkan rentang gerak otot dan peregangan saat otot kaku. Latihan rotator cuff dengan rotasi internal dna eksternal bisa menstabilkan dan memperkuat struktur dari bahu.

Berdirilah di dekat dinding, lalu tekuk siku sampai 90 derajat dan jaga siku agar tetap dekat tubuh dengan lengan bawah sejajar lantai. Tekan telapak tangan selama 10 detik, lalu ulangi pada sisi lainnya. Untuk rotasi eksternal ikuti langkah yang sama tapi menggunakan punggung tangan dan bukan telapak tangan.

Baca juga: Saran Dokter Agar Tidak 'Tepar' Saat Libur Panjang

(ajg/vit)