Ingat Ya, Sarapan Itu Tidak Asal Kenyang

ADVERTISEMENT

Ingat Ya, Sarapan Itu Tidak Asal Kenyang

Nurvita Indarini - detikHealth
Senin, 21 Mar 2016 09:06 WIB
Foto: thinkstock
Jakarta - Sarapan di pagi hari memang disarankan karena memiliki sejumlah manfaat. Namun itu bukan berarti bebas sarapan apa saja yang penting kenyang.

"Jangan asal kenyang, harus sarapan sehat," tegas Ketua Umum Pergizi Pangan Indonesia,  Prof Dr Ir Hardinsyah, MS, dalam kampanye 'Sarapan Sehat Sebelum Jam 9' yang digelar Energen di Parkir Timur, Senayan, Jakarta, seperti ditulis pada Senin (21/3/2016).

Nah, sudah sehatkah sarapan Anda? Saat tidak punya cukup waktu menyiapkan sarapan di rumah, orang akan membeli sarapan di sepanjang jalan menuju kantor. Coba perhatikan, umumnya yang dijual sebagai sarapan antara lain gorengan, nasi uduk dan bubur ayam.

Sarapan yang sehat adalah yang dilakukan sebelum pukul 09. Selain itu pastikan mengandung nutrisi cukup seperti karbohidrat, protein, juga vitamin dan mineral. Selain itu harus ada cairannya. Perhatikan juga cara memasaknya. Sebab makan yang seharusnya bergizi bisa berkurang nilai gizinya lantaran cara memasak yang salah.

Baca juga: Ini Penjelasan Pakar Terkait Keluhan Lebih Cepat Lapar Jika Sarapan

Jika seseorang sarapan bubur manado, menurut Prof Hardin, makanan tersebut sudah komplet nutrisinya.Sebab ada karbohidrat, lauk-pauk, juga terdapat sayuran.

Lalu bagaimana dengan bubur ayam? Sarapan dengan bubur ayam boleh-boleh saja. Tapi perhatikan apakah lauknya cukup. Karena kadang-kadang suwiran daging ayam di bubur ayam cuma sebagai pelengkap saja. Jika nutrisinya tidak mencukupi bisa ditambah asupan lainnya.

Bagaimana dengan gorengan? "Kebanyakan lemak dan hanya karbohidrat. Nggak ada vitamin dan proteinnya," komentar Prof Hardin.

Baca juga: Cuma Minum Teh di Pagi Hari Sebelum Kerja, Itu Bukan Sarapan Sehat (vit/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT