Minggu, 17 Apr 2016 10:30 WIB

Tinggal di Rumah dengan Banyak Pohon Disebut Bikin Wanita Lebih Sehat

Hillariana Ikhlash Devani - detikHealth
Foto: Sri Anindiati Nursastri/detikTravel
Jakarta - Tinggal di rumah dengan banyak pepohonan pasti terasa asri dan bisa membuat penghuninya merasa nyaman. Khususnya pada wanita, tempat tinggal dengan kriteria seperti itu juga bermanfaat lho bagi kesehatan.

Studi terbaru dari Harvard menyebutkan wanita yang tinggal di rumah dengan banyak pohon dan tumbuhan memiliki risiko kematian yang lebih rendah, dibanding wanita yang tinggal di lingkungan yang padat penduduk. Untuk studi ini, peneliti mengumpulkan data dari tahun 2000 sampai 2008 yang melibatkan 108.000 ribu wanita di Amerika Serikat.

"Kami terkejut ketika melihat hasil yang begitu berhubungan ini," ucap penulis studi, Peter James, asisten peneliti di Harvard T.S Chan School of Public Health di Boston.

Peneliti mengatakan, wanita yang tinggal di rumah dengan banyak tumbuhan dan pohon memiliki risiko kematian 12 persen lebih rendah daripada wanita yang tinggal di lokasi padat penduduk. Lebih lanjut, James mengatakan rumah dengan lingkungan hijau juga menurunkan risiko wanita terkena penyakit pernapasan sampai dengan 34 persen.

Sementara, risiko kanker wanita yang tinggal di tempat tinggal berlingkungan hijau juga bisa menurun sampai 13 persen. Demikian dikutip dari CBS News, Minggu (17/4/2016).

Baca JugaMau Langsing? Yuk Olahraga! Studi Ungkap Banyak Gerak Turunkan Nafsu Makan

Peneliti mengatakan, tinggal di lingkungan yang hijau juga bermanfaat untuk menurunkan kadar depresi seseorang. Elemen lain yang juga dilihat adalah peluang untuk bersosialisasi, tingkat aktivitas fisik, dan tingkat paparan terhadap polusi udara.

Meskipun studi ini menemukan ada hubungan antara lingkungan tempat tinggal dan tingkat hidup manusia, peneliti menegaskan studi ini tidak membuktikan bahwa keduanya memiliki hubungan sebab akibat.

"Untuk itu perlu sebuah studi lanjutan untuk menjelaskan penyebabnya," tandas James.

Baca JugaLakban Jadi Trik Mudah Cegah Lecet pada Kaki

(vit/vit)