Rabu, 20 Apr 2016 13:39 WIB

Siapa Sangka, Kebiasaan yang Salah Bisa Bikin Badan Besar Sebelah

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Banyak orang mengira bentuk badannya selalu simetris. Kenyataannya, salah satu sisi bisa lebih besar dari sisi yang lain dan jika tidak dikoreksi bisa memicu terjadinya cedera.

"Terutama kaki. Kalau besar sebelah biasanya jadi gampang jatuh," kata dr Zaini K Saragih, SpKO dari Royal Sports Medicine Center saat ditemui di kantornya baru-baru ini.

Perbedaan bentuk dan ukuran pada sisi kanan dan kiri bisa ditemukan pada tangan maupun kaki. Sisi atau bagian yang lebih sering digunakan biasanya akan membentuk lebih banyak massa otot, sehingga lebih besar dari sisi yang lainnya.

Kebiasaan menenteng tas di satu sisi bisa memicu perbedaan pada lengan. Kebiasaan menenteng tas dengan tangan kanan saja, membuat massa otot pada lengan kanan lebih besar dan massa lemak di bagian tersebut lebih sedikit.

Baca juga: Ini Dia 5 Langkah Hindari Kebosanan Saat Berolahraga 



Massa otot di kaki kanan lebih besar dibanding kaki kiri. Demikian juga di lengan kanan, massa otot lebih besar dibanding lengan kiri. 


Seseorang yang memiliki kaki kanan lebih besar, biasanya punya lengan kanan yang juga lebih besar dibandingkan sisi kiri. Namun sebagian orang memiliki kondisi yang disebut 'cross'. Kaki kanan lebih besar kaki kiri, namun tangan kanannya justru lebih kecil dari tangan kiri.

"Kalau yang cross seperti ini, biasanya ada cedera. Entah disadari atau tidak, tapi biasanya pernah ada cedera," jelas dr Zaini.

Menurut dr Zaini, tidak sulit untuk menyeimbangkan bentuk dan ukuran badan. Perbedaan massa otot di kedua sisi bisa dikoreksi dengan latihan beban atau 'weight training'. Sisi yang ukurannya lebih kecil diberi beban ekstra agar terbentuk lebih banyak massa otot.

Baca juga: Latihan Angkat Beban Bisa Kurangi Risiko Kematian Dini pada Lansia (up/vit)