Kamis, 21 Apr 2016 16:37 WIB

Paling Gampang Ditinggali Kuman, 5 Benda ini Harus Dilap Tiap Hari

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Siapa sih yang mau dipaksa bersih-bersih setiap hari? Namun kenyataannya ada beberapa benda di rumah yang memang harus dibersihkan setiap hari.

Konon bila benda-benda ini rutin dibersihkan setiap hari, maka beban untuk melakukan bersih-bersih total yang biasanya dilaksanakan di akhir pekan akan berkurang secara drastis.

Memangnya benda apa saja yang harus dipastikan bersih setiap harinya? Simak paparannya seperti dikutip dari Grandparents.com, Kamis (21/4/2016).

Baca juga: Cara Terbaik Mengeringkan Tangan Agar Tetap Bebas Kuman

1. Serbet
Serbet biasanya dipakai untuk mengelap tangan selepas memasak atau makan dan membersihkan peralatan makan. Tapi banyak yang tidak menggantinya setelah beberapa hari, padahal bila yang bersangkutan jarang cuci tangan, maka banyak bakteri yang menempel di serbet tersebut.

Setelah diganti, baiknya serbet dicuci dengan deterjen dan air panas.

2. Spons
Spons merupakan rumah bagi berbagai jenis kuman dan bakteri, terutama yang terbuat dari selulosa. Ganti saja dengan spons dari busa yang lebih bersih dibersihkan dan tidak mudah ditinggali kuman. Saat dibersihkan, baiknya rendam spons di dalam air panas selama lima menit.

3. Meja dapur dan wastafel
Tiap kali selesai digunakan, pastikan untuk selalu mengelap permukaan meja dapur dan wastafel. Ini berlaku untuk wastafel di dekat dapur ataupun kamar mandi. Sekalian lap gagang pintu kamar mandi berikut saklar lampunya karena sering dipegang. Setelah itu keringkan lap tersebut agar kuman dan bakteri tidak menetap.

4. Remote control
Lagi-lagi karena sering dipegang, remote control menjadi sarang bagi kotoran dan bakteri. Untuk itu sempatkan untuk mengelap alat ini walaupun satu kali dalam sehari, di pagi atau malam menjelang tidur. Aturan yang sama juga berlaku untuk ponsel Anda.

5. Dompet
Dompet bisa saja diletakkan di berbagai tempat, entah itu di restoran, toilet umum, konter toko atau bahkan dapur sehingga mudah dihinggapi kuman maupun bakteri. Usahakan untuk mengelap dompet, terutama bagian belakangnya, dengan tisu bayi agar kebersihannya selalu terjaga. (lll/vit)