ADVERTISEMENT

Selasa, 20 Sep 2016 08:32 WIB

5 Hal yang Bisa Picu Susah Buang Air Besar

Puti Aini Yasmin - detikHealth
Foto: Thinkstock
Jakarta - Susah buang air besar (BAB) atau sembelit dapat membuat tubuh seseorang menjadi tidak nyaman. Perut terasa penuh namun kotoran tidak kunjung keluar.

Nah, tak ada salahnya mengenali hal-hal yang bisa membuat sulit BAB alias sembelit, seperti dikutip dari berbagai sumber, berikut ini.

Baca juga: 'Obat Rumahan' untuk Atasi Sembelit pada Anak

1. Kurang konsumsi makanan yang mengandung serat

Mengonsumsi serat dapat membantu memperlancar BAB. Serat membantu feses menjadi lebih lunak karena serat dapat menahan lebih banyak air dalam feses. Nah, contoh jenis makanan yang mengandung serat adalah kacang-kacangan, sayuran hijau, buah, dan makanan lain yang mengandung banyak serat.

2. Memiliki masalah dalam saraf usus

Masalah pada saraf usus bisa menyebabkan penyerapan di usus tidak optimal sehingga menyebabkan sulitnya BAB. Salah satu contoh masalahnya adalah pergerakan usus yang terlalu cepat.

Baca juga: Awas, Sembelit Bisa Picu Serangan Jantung Saat Buang Air Besar

3. Mengonsumsi pisang yang belum matang

Mengonsumsi pisang yang belum matang bisa menyebabkan sulit BAB. Jika dikonsumsi, pisang yang belum matang tersebut akan sulit dicerna tubuh karena mengandung tanin.

Selain itu pisang yang belum matang juga mengandung pati yang banyak sehingga berkontribusi terhadap kondisi sembelit. Disarankan untuk tidak mengonsumi lebih dari dua pisang per hari agar pergerakan usus besar tetap sehat.

4. Menderita suatu Penyakit

Susah BAB bisa terjadi karena adanya suatu penyakit di dalam tubuh. Nah, penyakit tersebut menginfeksi sel saraf di dinding usus besar dan menyebabkan sulit BAB. Nah, sebuah studi menyarankan seseorang untuk melakukan pemeriksaan ketika mengalami gangguan pencernaan secara tiba-tiba dan kronis.

5. Sedang Haid

Ketika haid, zat kimia prostaglandin akan dilepaskan oleh tubuh dan menyebabkan rahim berkontraksi untuk melepaskan lapisan dinding rahim. Nah, kadar prostaglandin yang tinggi bisa menyebabkan susah BAB.

Kadar prostaglandin yang tinggi ini menyebabkan peningkatan kontraksi dan motilitas otot polos pada saluran pencernaan yang bisa menyebabkan susah BAB dan gangguan pencernaan lainnya.

(rdn/vit)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT