Rabu, 28 Sep 2016 20:15 WIB

5 Kebiasaan di Malam Hari yang Bisa Picu Kenaikan Berat Badan

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Foto: admn Foto: admn
Jakarta - Pertambahan bobot bisa terjadi karena gaya hidup. Termasuk ketika seseorang melakukan berbagai kebiasaan-kebiasaan di malam hari.

Nah, apa saja kebiasaan-kebiasaan yang kerap dilakukan secara tidak sadar, tapi bisa berefek pada kenaikan bobot seseorang? Yuk simak pemaparannya berikut ini.

Baca juga: Ini Alasannya Lemak di Perut Lebih Bahaya Ketimbang yang di Bawah Kulit

1. Tidak merencanakan dengan matang cemilan di malam hari

Bersantai di malam hari sambil bercengkerama atau menonton TV lebih asyik dilakukan sambil ngemil. Namun, pastikan sebelumnya Anda menghitung ekstra kalori total harian.

"Jika Anda memilih makan besar sebagai camilan di kala santai, pastinya berat badan Anda bisa bertambah. Jika memang ingin ngemil di malam hari, tambahkan beberapa aktivitas fisik di siang harinya atau kurangi sedikit porsi makan malam sebagai kompensasi," tutur ahli bedah bariatrik dan direktur medis di MemorialCare Center for Obesity, Orange Coast Memorial Medical Center, California, Peter LePort, MD.

2. Ngemil di depan TV tanpa berpikir

Penelitian menunjukkan makan dengan adanya gangguan tidak hanya memengaruhi berapa banyak porsi asupan yang dikonsumsi tetapi juga ingatan Anda akan jumlah makanan yang diasup. Sehingga, wajar jika tanpa sadar Anda sudah menghabiskan sekantong keripik kentang saat menyaksikan tayangan di TV.

"Bahkan wortel memiliki kalori. Jadi jika Anda makan tanpa memperhatikan apa dan berapa porsi asupannya, berat badan bisa naik. Untuk itu, penting mengukur berapa porsi cemilan yang disediakan sebelumnya," kata LePort kepada Prevention.

3. Mengecek gadget sebelum tidur

Cahaya biru yang dipancarkan gadget, termasuk televisi bisa memengaruhi siklus tidur seseorang. Sehingga, disarankan minimal matikan segala rupa gadget satu jam sebelum tidur. Sebab, cahaya biru dan suara dari perangkat elektronik itu bisa menghambat tidur Anda.

LePort mengatakan, ketika Anda tidak bisa mendapat tidur yang nyenyak, maka Anda tidak bisa mendapat komponen untuk menjaga pikiran dan tubuh agar tetap sehat.



4. Lama di tempat tidur, tapi tak langsung tidur

Hanya berguling-guling di tempat tidur tanpa bisa tertidur pastinya justru memperpendek waktu tidur Anda. Padahal, tidak mendapat waktu tidur cukup bisa membuat berat badan naik. Menurut penelitian di Harvard University yang dilakukan selama 16 tahun, wanita yang mendapat waktu tidur 5 jam atau kurang tiap malam 30 persen lebih mungkin mengalami kenaikan bobot sebanyak 7,2 kg.

5. Menyetel alarm terlau lambat

Ketika Anda mengatur alarm agar berbunyi dekat-dekat dengan jam beraktivitas, sebaiknya mundurkan lagi waktu bangun di alarm Anda. Ketika memiliki waktu yang terlalu mepet, bukan tak mungkin sarapan akan terlewatkan.

Padahal, ketika sarapan terlewatkan bukan tak mungkin di siang dan sore harinya seseorang cenderung inging ngemil makanan yang tak sehat. Apalagi, sarapan penting dilakukan karena tubuh butuh energi untuk bisa beraktivitas.

Baca juga: Demi Kurus Rela Lapar Berjam-jam dan Lupa Ancaman Sakit

(rdn/up)
News Feed