Kamis, 08 Des 2016 07:11 WIB

Hendak Sarapan dengan Sereal? Perhatikan 4 Hal Ini Agar Manfaatnya Tak Hilang

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Foto: Getty Images
Jakarta - Sereal merupakan salah satu menu sarapan yang dianggap menyehatkan. Namun demikian, ada beberapa hal yang bisa 'merusak' manfaat positif tersebut.

Ya, sereal merupakan menu yang kaya akan kandungan karbohidrat dan serat sehingga dianggap sebagai menu sarapan yang sehat. Sereal juga rendah akan kandungan kalori.

Namun demikian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika Anda ingin sarapan dengan sereal agar manfaatnya tetap terjaga. Apa saja? Berikut 4 hal tersebut:

Baca juga: Ini Pentingnya Pilih Produk Makanan yang Rendah Gula

1. Atur porsi

Meskipun asupan ini dianggap menyehatkan, bukan berarti lantas Anda bisa mengonsumsinya banyak-banyak. Pengaturan porsi tetap penting untuk dilakukan. Jika kemudian Anda mengonsumsi sereal lebih dari satu porsi di pagi hari, menu ini justru akan berubah menjadi berkalori tinggi dan berefek negatif pada berat badan.

2. Perhatikan kandungan gulanya

Saat membeli sereal, perhatikan juga jumlah kandungan gulanya. Hindari pula menambahkan gula pasir tambahan saat mengonsumsi sereal. Hal ini bukan sekadar menambah rasa, tapi justru membuat kandungan gula yang ada menjadi berlebihan. Jika Anda ingin menambah cita rasa manis, sebaiknya pilih madu.

3. Kurang asupan protein

Sarapan yang ideal adalah kombinasi dari karbohidrat, protein dan lemak. Jika Anda mengonsumsi sereal saja tanpa tambahan bahan penting lainnya, maka manfaat sehat protein akan berkurang. Sebisa mungkin tambahkan asupan protein misalnya dari almond atau biji chia ke dalam semangkuk sereal.

4. Jenis susu

Jika Anda menggunakan susu full cream saat mengonsumsi sereal, maka manfaat sehat dari sereal justru bisa berkurang. Ini karena susu full cream umumnya memiliki kandungan lemak yang tinggi, sehingga menghambat tubuh Anda untuk mencerna.

Baca juga: Sedang Ingin Turun Berat Badan? Yuk Sarapan dengan Menu Telur! (ajg/vit)