Jumat, 23 Des 2016 17:39 WIB

5 Tips Mempersiapkan Olahraga Saat Sedang Datang Bulan

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Halaman 1 dari 6
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Olahraga saat sedang menstruasi atau datang bulan bukan hal yang mustahil untuk dilakukan. Bahkan, perubahan hormonal yang terjadi bisa memberikan keuntungan tersendiri.

Dikutip dari Health.com, pembakaran lemak maupun sumber energi lainnya berlangsung lebih cepat pada saat kadar estrogen minimal. Ini terjadi pada saat mulai menstruasi. Pada saat ini, tubuh akan terasa lebih berenergi.

Selain itu, temperatur basal yang lebih rendah juga memberikan keuntungan untuk melakukan olahraga dengan intensitas lebih berat. Pada kondisi ini, otot bisa bertahan lebih lama sebelum mencapai titik fatigue atau kelelahan.

Namun tidak bisa dipungkiri, perubahan hormonal juga berpengaruh pada mood atau suasana hati. Kenyamanan juga bisa terganggu akibat risiko 'tembus' dan rasa nyeri yang bisa sewaktu-waktu muncul.

Agar olahraga saat menstruasi tidak terganggu oleh ketidaknyamanan tersebut, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Berikut ini rangkumannya, disarikan dari berbagai sumber. (up/ajg)
News Feed