Minggu, 21 Mei 2017 07:05 WIB

Bila Ingin Sehat, Sehari Minimal Harus Melangkah Berapa Kali?

Firdaus Anwar - detikHealth
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Berjalan minimal 10 ribu langkah sehari sering disebut sebagai cara mudah untuk berolahraga menjauhkan risiko kondisi medis seperti diabetes, penyakit jantung, hingga kanker. Saran ini sering dipromosikan hingga akhirnya beredar beragam alat pengukur langkah kaki di pasaran.

Tapi memang bagaimana faktanya? Emmanuel Stamatakis dari School of Public Health, University of Sydney, menjelaskan bahwa sehari-hari kebanyakan dari kita sebetulnya tak bisa mencapai angka tersebut. Ungkapan 10 ribu langkah sendiri tidak benar-benar ilmiah karena datang dari nama pedometer di Jepang pada tahun 1960 'manpo-kei'.

Baca juga: Viral di Internet, Lari di Trek Ini Bisa Balapan dengan Diri Sendiri

Studi di International Journal of Obesity menemukan bila memang ingin mendapatkan manfaatkan maksimal kesehatan dengan berjalan kaki maka seseorang perlu melakukan 15 ribu langkah per hari. Hal ini diketahui setelah peneliti melacak kebiasaan tukang pos di Skotlandia yang mengantar surat dengan berjalan kaki.

"Tapi kita harus realistis karena begitu sulit untuk orang-orang mengubah gaya hidupnya," kata Emmanuel seperti dikutip dari ABC Australia, Minggu (21/5/2017).

Seperti apa dampaknya bagi bokong kalau malas olahraga? Simak di video Fun Fact berikut ini:



Daripada berusaha melakukan 10 ribu langkah apalagi 15 ribu langkah, Emmanuel menganjurkan agar orang-orang melakukan olahraga dengan intensitas sedang atau tinggi yang juga diketahui bernama High Intensity Interval Training (HIIT). Dengan cara tersebut seseorang bisa memperoleh manfaat kesehatan dengan jumlah langkah yang lebih sedikit.

"Untuk bisa dianggap melakukan aktivitas dengan intensitas sedang, secara umum orang dewasa perlu melakukan minimal 100 langkah per menit," papar Emmanuel.

"Jadi pada intinya Anda sehari bisa cukup dengan melakukan 7.500 langkah per hari dengan asumsi 3.000 langkah di antaranya dilakukan dengan cara melangkah lebih dari 100 kali per menit," pungkas Emmanuel.

Baca juga: Haruskah Berjalan 10 Ribu Langkah Tiap Hari Agar Sehat? Ini Faktanya

(fds/vit)