Selasa, 23 Jan 2018 10:30 WIB

Kecanduan Smartphone Juga Berdampak pada Nyeri Leher!

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Kecanduan main hp bisa buat nyeri leher. Foto: Thinkstock Kecanduan main hp bisa buat nyeri leher. Foto: Thinkstock
Topik Hangat Kecanduan Smartphone
Jakarta - Nampaknya pemandangan bermain hp di mana pun pergi sudah bukan jadi hal yang asing. Di rumah atau di kantor, banyak orang menundukan pandangannya dan terpaku pada gadget masing-masing sehingga postur tubuh menjadi tidak tegap. Hmm jika keseringan seperti itu, apa dampaknya pada tulang belakang?

Dihubungi oleh detikHealth, Senin (23/1/2018), melalui pesan singkat, dr Andri Pramadhi, SpOT, dari Departemen Orthopaedi dan Traumatologi RS Hasan Sadikin Bandung menjelaskan bahwa kebiasaan main gadget tentu bukanlah hal yang baik jika dilakukan secara terus menerus. Sebab hal ini akan meningkatkan beban yang diterima leher.

"Fungsi leher antara lain menyangga berat kepala. Posisi kepala yang menunduk saat menggunakan gadget akan membuat beban yang diterima leher meningkat sampai tiga kali lipat sehingga menimbulkan nyeri. Selain itu juga terjadi regangan dari otot dan ligamen di leher bahkan bisa sampai ke bahu," ujarnya.

Baca juga: Aneh Tapi Nyata, Ini 5 Dampak Kecanduan Smartphone yang Tak Kamu Duga

Hal ini tentunya akan menimbulkan masalah nyeri di leher sampai ke bahu. Namun, menurut dokter yang akrab disapa dr Andri, kebiasaan tersebut tidak akan sampai mengubah postur tubuh orang tersebut.

Di samping itu, keluhan soal kesemutan dan kebas di tangan, khususnya jadi jari tengah dan jari kelingking juga sering kali ia terima.

"Ini diakibatkan ada saraf yang tertekan, akibat posisi siku yang menekuk dalam waktu lama (akibat menggunakan smartphone). Dinamakan 'Cubital Tunnel Syndrome'," jelasnya.

Baca juga: Catat, Ini Beragam Bentuk Kecanduan Smartphone pada Seseorang


(ask/up)
Topik Hangat Kecanduan Smartphone
News Feed
Breaking News
×
Sidang Sengketa Pilpres 2019
Sidang Sengketa Pilpres 2019 Selengkapnya