ADVERTISEMENT

Senin, 25 Jun 2012 13:03 WIB

Cara Mencegah Anak Manja

- detikHealth
(Foto: Thinkstock)
Jakarta - Seorang anak yang terbiasa dimanjakan oleh orangtuanya akan cenderung bertingkah egois dan kesulitan bergaul dengan teman-temannya. Untuk mencegah hal tersebut, Anda harus mengetahui cara mencegah anak berperilaku manja.

Berikut adalah beberapa cara untuk mencegah anak berperilaku manja, seperti dilansir whattoexpect, Senin (25/6/2012) antara lain:

1. Konsisten terhadap peraturan yang Anda buat

Anak-anak biasanya akan bersikap manja seperti cemberut, tidak menghabiskan makanannya, dan tidak pergi tidur tepat waktu jika keinginannya tidak Anda penuhi. Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), anak-anak di usia tersebut telah belajar tentang konsistensi dari orangtuanya.

Oleh karena itu, jadilah orangtua yang tetap konsisten terhadap segala batasan dan peraturan yang Anda buat. Jangan mudah goyah karena rengekan anak Anda karena semakin mudah mendapatkan apa yang diinginkan, anak akan semakin manja.

2. Libatkan anak dalam suatu pekerjaan

Berikan tugas rumah tangga sesuai dengan usia anak Anda, misalnya dengan meletakkan buku ke rak atau membereskan sendiri mainannya ke dalam wadah. Ini akan membantu anak merasa bertanggung jawab dan belajar disiplin.

Kemudian, tingkatkan tugas yang bermanfaat bagi seluruh anggota keluarga seperti menjaga kerapian meja di ruang keluarga. Intinya adalah untuk mendorong balita untuk mulai berpikir tentang kebutuhan orang lain, bukan hanya hal-hal yang dibutuhkannya saja.

3. Jangan terlalu melindungi anak dari rasa kecewa

Keinginan anak yang selalu dipenuhi oleh orangtuanya akan membuat anak menjadi manja dan egois. Anak akan merasa kecewa jika rencana bermain di taman hiburan gagal karena cuaca hujan.

Jangan mengobati kekecewaannya dengan mengajaknya bermain di mal, lebih baik biarkan anak merasakan kekecewaannya sejenak. Dari situ anak Anda akan belajar cara mengendalikan diri.

4. Jangan memberikan janji-janji pada anak

Ketika anak menginginkan suatu hal dan Anda tidak dapat memberikannya saat itu juga, jangan memberikan janji kepada anak untuk memberikannya di lain kesempatan. Anak yang telah terbiasa diberi janji akan merasa aman dan terlalu bergantung pada orangtuanya.

5. Jangan tawar-menawar dengan anak

Jangan menerapkan sistem tawar-menawar dalam mendidik anak, seperti akan membelikan es krim jika anak mau makan sayur. Hal ini akan membuat anak melakukan semua hal yang Anda perintahkan demi mendapatkan apa yang diinginkannya.

6. Jangan berkata "tidak" untuk segalanya

Anehnya, ketika Anda tidak memberikan kelonggaran yang cukup pada balita kadang-kadang dapat menyebabkan anak manja. Oleh karena itu jangan terlalu sering membatasi semua hal yang diinginkan anak. Berikan sedikit kelonggaran pada anak jika apa yang dilakukannya memiliki nilai positif.



(ir/ir)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT