Jumat, 11 Okt 2013 08:01 WIB

Saat Anak Berkata 'Mama, Aku Mau Punya Adik', Bagaimana Meresponsnya?

- detikHealth
Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Jakarta - Anak-anak memang cenderung polos dan apa adanya, termasuk ketika mereka mengutarakan sesuatu yang mengganjal di hatinya. Salah satunya adalah ketika ia berkata, 'mama, aku mau punya adik'. Jika anak mengutarakan hal itu, ada beberapa hal yang bisa dilakukan orang tua.

Menurut dokter spesialis kesehatan jiwa, dr Tun Kurniasih Bastaman, SpKJ(K), jawaban yang diberikan harus disesuaikan dengan usia si anak. Misalnya jika dia usia balita, maka cari tahu terlebih dulu apa arti adik baginya.

"Bisa saja adik itu bagi dia adalah boneka. Kalau begitu ya tinggal belikan dia boneka. Tapi kalau dia tahu sosok adik itu hidup, ada, dan bisa dijadikan teman, jawabannya seharusnya tidak terlalu serius. Jawab sederhana saja, bisa diiyain," papar dr Tun.

Pernyataan itu disampaikan dr Tun usai menghadiri acara Sarasehan 'Menjadi Lansia Sehat dan Mandiri' dalam rangka peringatan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia di Hotel Bidakara, Jl Gatot Subroto, Jakarta Selatan, dan ditulis pada Jumat (10/10/2013).

Namun, jika yang dimaksud si anak adalah adik dalam artian sebenarnya sebaiknya ibu bisa bertanya apakah dia tahu adik itu asalnya dari mana. Ketika anak balik bertanya dari mana asal si adik, jawaban yang diberikan ibu pun tergantung dari latar belakang nilai yang ditanamkan di keluarga.

"Kalau dia dibiasakan tahu bahwa adik itu adalah ciptaan Tuhan misalnya, boleh disebut adik itu ciptaan Tuhan, dia makhluk, mama papa bisa jadi alatnya untuk menjadikan ciptaan Tuhan. Mama papa ini sedang dalam proses," kata dr Tun.

"Nggak usah terlalu serius sebagai pendidikan seksual," imbuhnya.

(vit/mer)