ADVERTISEMENT

Senin, 21 Okt 2013 12:15 WIB

Donor ASI dan Susu Formula, Mana yang Lebih Baik?

- detikHealth
Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Jakarta - Ketika ingin memberikan ASI kepada buah hati terkadang ada saja hambatannya, mulai dari sibuk kerja, ASI sangat sulit keluar hingga ibu yang sakit parah. Saat menghadapi situasi sulit seperti ini, ibu-ibu dihadapkan pada pilihan mencari donor ASI atau memberikan susu formula pada buah hati. Dari kedua pilihan itu, mana yang terbaik?

"Jika ada pilihan susu formula atau donor ASI ya masih lebih baik donor ASI. Tapi akan jauh lebih baik kalau dengan memberikan ASI sendiri, kecuali kalau sakit parah atau meninggal. Kalau cuma ke kantor, atau sakit flu mending tidak usah," tutur dr Utami Roesli, SpA, IBCLC, FABM, pada acara AIMI Breastfeeding Fair, di West Mall Grand Indonesia, Jakarta Pusat, dan ditulis pada Senin (21/10/2013).

dr Utami menjelaskan bahwa ASI membawa DNA dan RNA yang membawa sifat asli ibu tersebut. Selain itu yang perlu diketahui oleh para ibu adalah HIV terbanyak bukan di pekerja seks komersial tapi ibu rumah tangga. Oleh karena itu akan lebih baik jika susu yang diberikan kepada anak adalah susu dari ibu kandungnya sendiri, dan bukan dari donor atau susu formula.

Ia juga mengatakan bahwa komposisi tiap ASI ibu berbeda, karena ASI disesuaikan dengan kemampuan usus bayi untuk menyerapnya. Jika diberikan formula maka usus bayi harus berusaha keras untuk membuang zat yang tidak perlu dari susu formula tersebut.

"ASI-mu hanya untuk anakmu dan bukan orang lain," kata dr Utami.

Ia juga mengatakan bahwa ketika ASI pada satu bagian dada sudah mulai sering dihisap, maka akan lebih banyak lemak dan karbohidrat yang keluar dari ASI, itulah sebabnya terkadang meski sudah diberikan ASI anak tetap masih menangis. Karena mungkin yang dia rasa bukanlah lapar, namun haus.

Apabila dalam keadaan tertentu sangat memerlukan donor ASI, ada baiknya untuk melihat bagaimana kesehatan, perilaku, dan kepintaran wanita yang memberikan donor ASI. Karena menurut dr Utami, ASI tersebut akan membawa DNA dan sifat pendonor. Oleh karena itu perlu dilakukan pemilihan yang selektif.


(vit/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT