Senin, 06 Jan 2014 08:01 WIB

Ini Arti Panggilan Anak Kepada Ibunya

- detikHealth
Ilustrasi (dok: Thinkstock) Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta - Menjadi ibu tentunya adalah impian seluruh wanita. Ibu mengandung, melahirkan dan membesarkan anaknya denga penuh kasih sayang. Tak jarang pula anak memiliki panggilan khusus untuk Ibunya. Beberapa nama panggilan yang lazim didengar adalah ibu, bunda, mama dan mami.

Namun ternyata nama-nama panggilan tersebut mempunyai arti tersendiri. Nama panggilan juga bisa mencirikan bagaimana pola asuh Anda terhadap anak. Dirangkum dari Cafemom pada Senin (6/1/2014), berikut arti dari beberapa nama panggilan ibu oleh anaknya:

1. Ma'am/ Nyonya

Panggilan ini memang jarang digunakan di Indonesia. Terkesan agak kaku, panggilan ini mencirikan bahwa Anda adalah tipe orang tua yang sangat otoriter dan disiplin. Anda sangat mengedepankan peraturan. Tak jarang Anda memarahi anak Anda jika ia tidak menghabiskan makanannya atau tidak merapikan tempat tidurnya.

2. Mama

Jika anak Anda memanggil Mama, kemungkinan besar Anda adalah tipe ibu yang posesif terhadap anak. Anda sering melarang anak untuk main diluar dan memintanya untuk bermain dengan Anda saja. Sering kali Anda juga tidur atau mandi bersama dengan anak Anda. Namun Anda harus ingat, suatu saat nanti pasti anak Anda akan menjadi dewasa.

3. Mother/ Bunda

Panggilan ibunda lazim digunakan dalam cerita-cerita dongeng. Biasanya si ibunda adalah sosok orang tua yang sering memaksa anak untuk selalu mendapatkan nilai 100 di setiap ujian. Tak jarang pula Anda mengikutsertakan anak dalam berbagai kegiatan demi meraih gengsi sebagai ibu dengan anak berprestasi. Terkadang bahkan Anda akan menghukum anak jika ia gagal meraih nilai sempurna dalam ujian.

4. Mom/ Ibu

Ibu adalah panggilan yang lazim digunakan. Panggilan Ibu memiliki konsep netral, di mana Anda menjalan fungsi sebagai orang tua berdasarkan norma umum yang berlaku di masyarakat.

5. Ma/ Mak, Emak

Panggilan ini biasanya dipergunakan di dari daerah pedesaan atau pinggiran kota. Panggilan ini memang terdengar agak norak, namun justru memiliki ikatan emosional yang kuat dengan anak. Anda akan lebih mementingkan kepentingan anak daripada ambisi atau keinginan Anda.

6. Nama Anda

Terdengar kasar memang jika anak memanggil Anda menggunakan nama. Namun jika ini yang terjadi maka Anda adalah tipe orang tua yang tidak mementingkan norma-norma tradisional yang berlaku di masyarakat. Anda juga memiliki keakraban tersendiri dengan Anda, bahkan tak jarang anak menganggap Anda sebagai teman. Anda juga lebih mempercayai penilaian Anda sendiri dibandingkan kata-kata ahli.

7. Mommy/ Mami

Bisa dipastikan bahwa anak masih kecil sehingga mau memanggil Anda dengan panggilan Mami. Anda adalah tipe yang sangat memanjakan anak, meski Anda mengetahui itu akan berakibat buruk untuk masa depannya. Sering Anda bertengkar dengan suami hanya gara-gara anak Anda meminta sesuatu namun tidak dikabulkan oleh ayahnya.



(vit/vit)