Sabtu, 09 Agu 2014 13:02 WIB

Kemenkes: Beri Pendidikan Kesehatan Reproduksi pada Anak Sejak Umur 1 Tahun

- detikHealth
Ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Pendidikan kesehatan reproduksi sangat penting diberikan pada anak sedini mungkin. Bahkan, Kementerian Kesehatan menganjurkan agar pendidikan kesehatan reproduksi anak diberikan sejak umur 1 tahun.

Dirjen Bina Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak Kementerian Kesehatan RI, dr Anung Sugihantono, MKes, mengatakan bahwa pendidikan tentang kesehatan reproduksi harus diberikan pada anak semenjak ia mengenal organ genitalnya.

"Kapan diberikannya? Sejak umur 1 atau 2 tahun. Pokoknya semenjak ia mengenal alat kelaminnya," tutur dr Anung kepada detikHealth usai acara Seminar Kesehatan Reproduksi Remaja di Gedung Rumpun Ilmu Kesehatan, Kampus Universitas Indonesia, Depok, Sabtu (9/8/2014).

Tentunya pendidikan kesehatan reproduksi yang diberikan harus sesuai Porsi. dr Anung menjelaskan bahwa pada fase awal, pendidikan kesehatan reproduksi pada anak hanya terbatas pada pengenalan nama dan fungsi.

"Ya contohnya, ini namanya penis. Penis punya laki-laki. Itu vagina, punya perempuan, seperti itu saja," tambah dr Anung lagi.

Masalahnya, tidak semua orang tua sudah melakukan hal itu. Sebagian beralasan bahwa anaknya masih terlalu kecil untuk mengetahui tentang kesehatan reproduksi. Sebagian lagi berpendapat bahwa membahas hal-hal tersebut termasuk tabu.

dr Anung menepis anggapan tersebut. Menurutnya, pendidikan kesehatan reproduksi diperlukan dari kecil agar anak tahu bahwa organ genital merupakan milik pribadinya. Sehingga anak dapat terhindar dari perbuatan-perbuatan seks menyimpang yang dilakukan orang dewasa.

"Jadi misalnya ada yang raba-raba atau memintanya buka baju, anak nggak akan mau. Kasus seperti di JIS itu bisa dihindari," lanjut dr Anung.

"Ini juga nggak tabu. Orang yang diajarkan organ tubuh kok. Sama seperti mengajarkan ini kepala, ini tangan, sama juga ini penis, ini vagina. Menurut saya nggak tabu, tinggal bagaimana orang tua memberitahukannya saja," pungkasnya.



(rdn/rdn)