ADVERTISEMENT

Jumat, 05 Sep 2014 13:49 WIB

5-6 Tahun, Usia Tepat untuk Melatih Anak Olahraga Lari

- detikHealth
Ilustrasi (Foto: Getty Images)
Jakarta -

Olahraga bisa menjadi salah satu cara untuk merekatkan hubungan antara orang tua dan anak, terutama saat mengisi waktu luang di hari libur. Pada anak-anak, sebenarnya ada usia tepat bagi mereka untuk bisa diajak berolahraga lari.

"Usia 5-6 tahun sudah pas lah ya. Di usia itu anak sudah bisa menirukan teknik lari yang benar yang dicontohkan oleh orang tuanya," tutur dr Michael Triangto, SpKO ketika berbincang dengan detikHealth dan ditulis pada Jumat (5/9/2014).

Dikatakan dr Michael, bagi anak di bawah usia lima tahun sah-sah saja diajak lari. Hal terpenting pastikan bahwa si anak memang sudah pandai berjalan. Sebab, sudah bisa berjalan berarti sistem keseimbangan tubuh si kecil sudah baik, termasuk untuk berlalri.

"Kalau untuk anak di bawah lima tahun nggak apa-apa diajak lari santai. Ya, sebagai bentuk pengenalan saja. Tetapi harus tetap didampingi karena biasanya saat lari anak berisiko tinggi terjatuh lalu mengalami luka," terang dokter yang praktik di RS Mitra Kemayoran ini.

dr Michael menambahkan, secara tidak langsung ketika anak bermain kejar-kejaran ia pun sudah berlari, tetapi atmosfernya saja yang berbeda. Sebab, berlari-lari di rumah atau sekolah dilakukan dengan suasana santai.

Berbeda ketika anak diajak berlari di lintasan lari di stadion, maka akan terbentuk suasana yang serius. Sehingga ada kemauan bagi anak untuk lebih serius berlari. Teknik yang dilakukan pun harus mengikuti prosedur yang berlaku.

"Lari di lintasan bisa membiasakan akan disiplin. Jangan lupa saat lari anak pakai sepatu serta pakaian yang nyaman. Kalau ada masalah di kakinya tapi ingin berlari, baiknya periksakan dulu ke dokter olahraga," terang dr Michael.

Nah, jika Anda ingin makin kompak dengan anak saat berolahraga di akhir pekan, tak ada salahnya mendaftarkan diri dalam event Jakarta Kids Dash, event lomba lari anak-orang tua yang akan digelar pada 19 Oktober 2014. Pendaftarannya dibuka mulai 26 Agustus-5 Oktober 2014. Info lengkap, klik tautan berikut ini.



(rdn/vit)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT