Kamis, 09 Apr 2015 15:33 WIB

2 Hal Ini Pengaruhi Keberhasilan Terapi pada Anak dengan Autisme

- detikHealth
Foto: Ilustrasi/Thinkstock Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Jakarta - Anak dengan autisme biasanya sulit bersosialisasi. Tak cuma itu, mereka pun biasanya memiliki beberapa gangguan perilaku. Terapi pun diberikan untuk anak-anak dengan autisme. Keberhasilan terapi dipengaruhi oleh dua hal. Apa saja?

"Komponen suksesnya adalah pertama adanya kemauan dari anak itu sendiri. Kedua, orang tua dan lingkungan yang harus mengajarkan hal-hal kecil seperti membuang sampah, mandi, menggunakan alas kaki saat bermain, dan lain-lain," terang psikolog Muhammad Arifin MPsi yang kerap menangani anak-anak dengan kebutuhan khusus, dalam perbincangan dengan detikHealth dan ditulis pada Kamis (9/4/2015).

Nah, orang tua juga harus sepenuhnya merawat dan menyayangi sang buah hati. Arifin berpesan agar orang tua tidak malu dengan kondisi anaknya, karena setiap anak pasti memiliki kelemahan dan kelebihan.

"Begitupun dengan mental orang tua juga harus kuat," sambungnya.

Baca juga: Empat Malam Tersesat di Hutan, Anak dengan Autisme Ini Berhasil Ditemukan

Mental kuat ini penting karena beberapa orang terlalu sensitif sehingga mudah sedih dan marah saat lingkungan kerap bertanya-tanya tentang kondisi anaknya yang autis. Selain itu orang tua juga harus sabar menghadapi anaknya. Anak manapun, terlepas dari keadaan yang sedang dialaminya, sangat membutuhkan dukungan dan kasih sayang orang tuanya untuk percaya diri menghadapi dunia.

Anak dengan autisme, sambung Arifin, biasanya memiliki kontak mata yang tidak konsisten. "Misalnya anak dengan autisme tidak mau berlama-lama untuk menatap lawan bicaranya, hiperaktif, tidak perduli dengan adanya bahaya dan biasanya anak dengan autisme tidak mampu memahami makna bahasa tubuh atau bahasa nonverbal dalam berkomunikasi," papar Arifin.

Karena itu diperlukan kesabaran dalam pengasuhannya. Karena tidak mungkin Tuhan memberikan anak istimewa kepada orang tua yang biasa.

Baca juga: Kurung Siswa Autis di 'Ruang Khusus', Guru di Australia Diskors (Nurvita Indarini/Nurvita Indarini)
News Feed