Selasa, 21 Jul 2015 08:51 WIB

Tetap Sehat Usai Lebaran

Perhatikan Hal Ini Jika Hendak Ajak si Kecil Balik Mudik dengan Pesawat

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Untuk menghemat waktu, ada orang tua yang memilih mudik dan pulang mudik dengan pesawat. Nah, ketika membawa si kecil, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Seperti penuturan dr Sumarwoto, SpA, MARS dari RS Pondok Indah, sejatinya bayi dapat diajak bepergian naik pesawat untuk jarak dekat, misalnya dalam waktu 2-3 jam, bila sudah berumur 1 bulan atau berat badannya mencapai 4 kg. Sedangkan, jika waktu bepergian cukup lama seperti 12-16 jam, sebaiknya bila bayi sudah berumur 6 bulan atau berat badannya sekitar 7-8 kg.

Hal ini, dikatakan dr Sumarwoto diperlukan agar bayi dapat beradaptasi  terhadap suhu dingin di dalam pesawat terbang. Nah, ketika naik pesawat, terkadang bayi atau balita merasa tidak nyaman di pesawat, contohnya merasakan sakit pada telinga. Lantas, apa yang bisa dilakukan orang tua?

Baca juga: Bahaya! Jangan Nekat Ajak Anak Mudik Pakai Sepeda Motor

"Yang dapat dilakukan adalah pada waktu pesawat lepas landas atau akan mendarat, bayi diberi minum air susu atau untuk balita diberi permen untuk dihisap atau dikunyah-kunyah. Tujuannya agar tekanan di dalam telinga dan di luar telinga sama sehingga rasa nyaman yang dialami anak berkurang," terang dr Sumarwoto.

Dalam keterangannya kepada detikHealth dan ditulis pada Selasa (21/7/2015), dr Sumarwoto menegaskan saat mengajak si kecil pulang mudik menggunakan pesawat, pastikan bahwa ia dalam keadaan sehat. Seperti apa sih patokan anak dikatakan dalam kondisi sehat?

Menurut dr Sumarwoto, anak dikatakan dalam keadaan sehat jika ia tidak demam atau menderita sakit lain seperti muntah-muntah atau diare. Kemudian, nafsu minum susunya kuat dan ia bisa minum dengan lahap. Jangan lupa untuk menyiapkan pakaian untuk perjalanan jauh, misalnya baju hangat untuk menghindari udara dingin.

"Jangan lupa juga siapkan keperluan pipis atau pup bayi seperti tisu basah, popok, diaper dalam jumlah cukup serta membawa kapas basah untuk membersihan pantat bayi. Lalu, usahakan agar waktu-waktu makan atau minum tetap diberikan sesuai denagn jadwal yang rutin, untuk mencegah bayi kekurangan cairan," pungkas dr Sumarwoto.

Baca juga: Ini yang Perlu Disiapkan Saat Ibu Menyusui Hendak Pulang Mudik


(rdn/up)