ADVERTISEMENT

Kamis, 10 Sep 2015 08:05 WIB

Punggung Sering Nyeri Usai Melahirkan? Coba Redakan dengan Cara Alami Ini

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Foto: Thinkstock
Jakarta - Setelah melahirkan, tak jarang para ibu masih mengeluhkan nyeri punggung. Untuk mencegahnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan selama ibu hamil bahkan sesudah melahirkan.

Menurut fisioterapis Fiona Rogers, selama hamil, cobalah posisi seperti Anda sedang memeluk dan mengangkat bayi ketika melakukan perubahan gerakan, misalnya bangun dari lantai. Untuk melakukannya, Anda butuh mengangkat otot dasar panggul.

"Kemudian, lakukan posisi memeluk dengan mengaktifkan otot-otot di dalam perut. Cara ini bisa membantu Anda terhindar dari nyeri punggung. Meskipun, kadang kala nyeri punggung juga bisa terjadi ketika ibu sudah melahirkan," tutur Rogers seperti dikutip dari Essential Baby pada Kamis (10/9/2015).

Jika nyeri punggung terjadi setelah melahirkan, fisioterapis Melanie Platt mengungkapkan salah satu cara untuk meminimalisirnya yakni dengan melakukan latihan otot dasar panggul berupa kegel, setelah melahirkan. Cara ini, menurut Platt bisa dilakukan 24 jam setelah melahirkan normal.

"Namun, butuh waktu lebih lama bagi mereka yang melahirkan caesar. Anda juga perlu melakukan peregangan, setidaknya 5-10 menit dua kali sehari sudah cukup. Namun, akan lebih baik lagi jika Anda berusaha mengubah postur tubuh Anda," kata Platt memberi saran.

Baca juga: Ciri-ciri Ini Bisa Bedakan Antara Ibu Hamil Beneran dan Wanita Gemuk

Caranya, dengan membiasakan duduk tegak dan memberi sandaran bantal di belakang punggung ketika menyusui si kecil. Selain itu, ketika mengangkat bayi, sebaiknya gunakan posisi yang tepat yakni dengan menekuk lutut dengan posisi tubuh tetap tegak, lalu baru angkat tubuh.

Ketika mendorong kereta bayi, disarankan pula untuk mengatur tinggi pendorong kereta agar sejajar dengan pinggang sehingga lengan tidak terlalu pegal saat mendorongnya. Namun, ketika dirasa nyeri punggung sudah amat parah, Platt menyarankan Anda untuk segera berkonsultasi dengan dokter.

"Untuk bokong yang sakit, Anda bisa meredakannya dengan latihan berupa duduk bersila lalu letakkan pergelangan kaki kiri di atas lutut kanan, begitu juga dengan kaki yang lain. Kemudian, condongkan tubuh ke depan lalu tahan selama beberapa detik," kata Roger.

Nyeri punggung di area bawah juga bisa diredakan dengan telentang kemudian tekuk lutut lalu rekatkan ke dada satu per satu secara bergantian. Setelah itu, coba rekatkan kedua lutut bersamaan dan tahan selama beberapa detik.

Sementara, untuk nyeri punggung bagian atas, Rogers menganjurkan Ibu untuk duduk dengan posisi lengan, telapak tangan, dan bahu sejajar. Kemudian, geser tangan kanan ke arah kiri di depan dada dan tarik tangan kanan ke belakang, seperti posisi menarik busur. Lalu, tengokkan kepala ke arah belakang. Lakukan gerakan yang sama pada sisi kiri tubuh.

Baca juga: Perut Ibu Hamil Kecil, Janin yang Dikandung Pasti Kecil? Ah Belum Tentu (rdn/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT