Senin, 14 Sep 2015 19:07 WIB

Ini Dia Ragam Manfaat Inisiasi Menyusui Dini

Firdaus Anwar - detikHealth
Foto: Thinkstock
Jakarta - Inisiasi Menyusui Dini (IMD) sangat disarankan untuk ibu dan bayinya yang baru lahir. Beragam manfaat dari aksi ini bisa menurunkan risiko kematian ibu dan bayi sampai 22 persen.

Dikatakan oleh dr Utami Roesli, SpA, IBCLC, dari RS St Carolus Salemba bahwa inisiasi yang dilakukan dengan cara menempelkan bayi di dada ibu punya manfaat bertahap. Tahap pertama adalah membantu menenangkan bayi yang baru saja lahir.

"Di dalam kandungan bayi itu nyaman karena dipeluk hangat rahim, dibelai halus air ketuban, didendangkan detak jantung ibu, dan diayun oleh napas ibu. Begitu lahir tentu trauma betul dia," kata dr Utami ketika ditemui pada acara Pekan ASI di Gedung Bulog, Jl Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Senin (14/9/2015).

"Nah dia lagi begitu diletakkan di dada bisa mendengar detak jantung ibunya lagi akan sedikit berkurang traumanya," lanjutnya.

Baca juga: Dilakukan Benar, IMD Tidak akan Membuat Bayi Meninggal di Payudara Ibu

Saat bayi sudah tenang dan mulai merayap-rayap dalam upayanya mencari puting susu, ada manfaat lain yang didapatkan oleh bayi. Bakteri-bakteri baik yang ada di kulit ibu akan berpindah ke kulitnya dan membentuk sistem pertahanan tubuh.

Selain itu manfaat juga diperoleh untuk ibu dengan IMD yang dilakukan minimal satu jam ini. Rasa kedekatan dengan anak yang telah lahir membuat produksi hormon oksitosin yang juga disebut dengan hormon cinta tinggi.

"Oksitosin tinggi rasa nyaman tinggi. Oksitosin ini membuat otot-otot polos ibunya mengkerut, dampaknya rahim yang tadinya besar cepat mengkerut. Pembuluh darah yang terbuka cepat tertutup, mengurangi pendarahan ibu setelah melahirkan," papar dr Utami.

"Jadi memang penting sekali IMD ini," pungkasnya.

Baca juga: Jalani Induced Lactation, Ibu dan Bayi Adopsi Disarankan Lakukan IMD  (fds/up)