Sabtu, 12 Des 2015 15:19 WIB

Ingin Tumbuh Kembang Anak Optimal? Penuhi Kebutuhan Ini

Sharon Natalia - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Semua orang tua pasti menginginkan buah hatinya tumbuh dan berkembang secara optimal. Tapi, sering kali mereka kebingungan bagaimana cara mencapai keoptimalan itu sendiri.

Hal pertama yang harus dipahami orang tua adalah bedanya pertumbuhan dan perkembangan. Pertumbuhan terjadi ketika jumlah sel, tulang, otot dan juga sistem organ di dalam tubuh anak bertambah. Maka dari itu, dalam pertumbuhan terjadi peningkatan ukuran fisik, panjang atau tinggi badan, bertambahnya berat badan dan lingkar kepala.

Sedangkan perkembangan adalah pematangan sistem organ terutama otak, sistem saraf otot, karakter dan juga sifat.

Dijelaskan oleh dr Alinda Rubiati Wibowo, SpA(K), dokter spesialis anak RSIA Kemang Medical Center, ada 2 faktor yang memengaruhi pertumbuhan anak yaitu faktor internal dan eksternal. Yang termasuk faktor internal adalah faktor genetik dan proses intrauterin. Sedangkan yang termasuk eksternal adalah nutrisi, penyakit, polusi, olahraga dan emosi.

Buah hati harus dipenuhi gizi dan stimulasinya semenjak memasuki golden age atau dari umur 0 sampai dengan 3 tahun. Ini dikarenakan pertumbuhan otak di umur tersebut mencapai 260 persen atau sangat tinggi.

Baca juga: Begini Pola Asuh Orang Tua di Jepang yang Patut Ditiru

"Sebenarnya pertumbuhan otak itu sudah dimulai dari anak masih berada di dalam kandungan yang berumur 6 bulan. Di saat itulah peran orang tua sangat berpengaruh terhadap stimulasi otak buah hati," jelas dr Alinda dalam talkshow 'How To Optimize Your Child's Growth and Development In The Golden Age' di Lobby RSIA Kemang Medical Center, Kemang, Jakarta Selatan, Sabtu (12/12/2015).

Dalam kesempatan tersebut, dr Alinda juga menjelaskan bahwa untuk mencapai tumbuh kembang optimal, ada beberapa kebutuhan dasar yang harus dipenuhi. Kebutuhan dasar yang pertama adalah kebutuhan biologis, yang mencakup nutrisi makanan, keseimbangan karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral.

Selain itu ada juga imunisasi, aktivitas fisik seperti bermain atau berolahraga sampai kepada pelayanan medis yang berarti deteksi dini apakah ada penghambat dalam tumbuh kembang anak.

Baca juga: Saling Berkesinambungan, 2 Faktor Ini Penting Bagi Tumbuh Kembang Anak

Selain kebutuhan biologis, ada juga kebutuhan psikososial emosi seperti kasih sayang dari orang tua, pola asuh yang dianut orang tua, perhatian, rasa peduli, perlindungan, dukungan, penghargaan dan juga tokoh panutan yang tak lain dan tak bukan adalah orang tua itu sendiri.

"Kebutuhan terakhir yang harus dipenuhi orang tua guna mengoptimalkan tumbuh kembang anak adalah kebutuhan stimulasi. Kebutuhan stimulasi apa yang harus dipenuhi? Contohnya, stimulasi sensori, motorik, kognitif, dan komunikasi," tutur dr Alinda.

Stimulasi lain yang dibutuhkan anak adalah stimulasi kepribadian, bahasa, sosio-emosi, kekreativitasan sampai agama. "Dan yang terakhir tidak lupa adalah stimulasi pengalaman berulang bagi bayi seperti suara orang tua, gerakan, sentuhan, bicara, menulis dan menggenggam," pungkasnya.

(lll/lll)