Kamis, 25 Feb 2016 19:05 WIB

Agar Tak Gampang Sakit, Ersa Mayori Ajak Anak Banyak Makan Buah dan Sayuran

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Foto: Mohamamad Abduh
Jakarta - Musim hujan yang meningkatkan risiko penyakit infeksi membuat Ersa Mayori waspada. Ia mengajak anak-anaknya untuk lebih banyak makan buah dan sayuran agar tak gampang sakit.

Ditemui di Restoran Kembang Goela, Jl Sudirman, Jakarta Selatan, selebriti sekaligus ibu dua anak Ersa Mayori mengaku waspada terhadap ragam penyakit infeksi yang rentan menyerang di musim hujan. Salah satunya adalah hand and mouth disease atau yang biasa disebut sebagai flu Singapura.

Baca juga: Sesuai 'Tipe' Anak, Ini Triknya Agar Mereka Doyan Sayur dan Buah

"Iya karena musim hujan kan. Anak-anakku cerita ketika di rumah temannya yang ini nggak masuk, temannya yang itu sakit. Makanya aku ajak supaya mau lebih banyak makan buah dan sayuran supaya nggak gampang sakit," tutur Ersa kepada wartawan, Kamis (25/2/2017).

Setiap hari sebelum berangkat bekerja, Ersa sudah menyiapkan menu makanan dan mengatur makan siang anaknya. Menu makanan dipastikan mengandung sayur dan memiliki gizi seimbang. Untuk buah, ia sudah menyiapkan di rumah agar anaknya bisa makan sepulang sekolah.

Meski begitu, ia mengakui memang tak mudah mengajak anak untuk lebih banyak makan buah dan sayuran. Ersa mengatakan agar anak mau makan lebih banyak buah dan sayuran, triknya ada pada orang tua.

Ia mengatakan untuk membuat anak doyan makan buah dan sayur, orang tua harus mulai menyukainya terlebih dahulu. Jika orang tua tidak suka makan sayur atau buah, maka bisa dipastikan anak akan terpengaruh dan bisa jadi tidak menyukai sayur dan buah.

"Jadi kita makan duluan, terus bilang 'wah enak ya sayurnya' sambil pakai eksperi makan lezat gitu. Anak nanti kan akan niruin dan lama-lama akhirnya jadi terbiasa," tambahnya lagi.

Baca juga: Es Krim Bisa Bantu Atasi Sariawan si Kecil? Ini Kata Dokter

(mrs/up)