Sabtu, 19 Mar 2016 15:50 WIB

Hai Orang Tua, Yuk Asah Skill Motorik Kasar Pada Anak Dengan Senam!

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Foto: Getty Images
Jakarta - Senam pada anak-anak tak hanya untuk menjaga kesehatan dan kebugaran. Pakar mengatakan senam juga bisa bermanfaat untuk mengasah kemampuan motorik kasar pada anak.

Dra Mayke S. Tedjasaputra, M.Psi, pakar psikologi tumbuh kembang anak mengatakan skill motorik kasar anak bisa dilatih dengan senam. Sebabnya, senam membutuhkan koordinasi dan konsentrasi, aspek penting dalam pengembangan skill motorik kasar.

"Skill motorik kasar itu diasah dengan cara bermain di lapangan, lari, lompat dan panjat-panjat seperti itu. Namun dengan senam, manfaat yang dirasakan lebih banyak karena anak juga dilatih konsentrasi dengan cara memerhatikan irama lagu atau koordinasi gerakan dengan teman lainnya," tutur wanita yang akrab disapa Bunda Mayke ini, dalam konferensi pers Gerakan Senam Tanggap Dancow Batita di Britama Sports Arena, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Sabtu (19/3/2016).

Dijelaskan Bunda Mayke, gerakan-gerakan senam tidak bisa dilakukan sembarangan. Dalam artian, anak tidak asal bergerak dan harus mengikuti gerakan yang diajarkan oleh guru atau pelatih.

Hal ini membuat anak berkonsentrasi, dan juga melatih anak untuk memusatkan perhatian kepada orang lain. Apalagi jika senam dilakukan dengan lagu atau irama yang gembira.

"Kalau lagunya gembira, anak juga akan semangat melakukannya. Jadi mereka senamnya dengan happy," tutur Bunda Mayke lagi.

Bunda Mayke juga menyarankankan agar orang tua terlibat aktif dalam gerakan senam. Dengan adanya orang tua, anak akan lebih menikmati senam akibat adanya interaksi sosial dengan orang tua.

Selain itu, rasa takut dan gelisah anak juga akan hilang. "Kalau dilakukan dengan ibu kan tidak dirasakan sebagai sesuatu yang membebani. Anak menganggapnya seru-seruan saja dan kedekatakan emosionalnya dengan orang tua akan bertambah," paparnya.    

Baca juga: Peran PAUD untuk Kesehatan Anak: Ajarkan Pola Makan Sehat


(mrs/ajg)