Kamis, 31 Mar 2016 17:32 WIB

Madu, Lemon, dan Jeruk Nipis Ampuh Redakan Batuk Anak, Benarkah?

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Batuk yang dialami si kecil pasti mengganggu, apalagi jika di malam hari pasti dapat membuat kualitas tidur malam si kecil berkurang. Nah, untuk mengatasi batuk yang dialami anak, benarkah penggunaan jeruk nipis, lemon, atau madu bisa membantu?

"Jeruk nipis (citrus aurantifolia) memang mengandung minyak atsiri dan zat yang mampu mengendalikan otot pernapasan sehingga membantu saat batuk menyerang. Namun hanya meredakan ya, bukan mengobati," tegas dr Meta Hanindita SpA dari RSUD Dr Soetomo Surabaya saat berbincang dengan detikHealth.

Untuk pemberian bahan rumahan seperti itu guna meredakan batuk anak, dr Meta menyarankan sebaiknya berikan ketika anak sudah berusia di atas satu tahun. Dikutip dari Mayo Clinic, James M Steckelberg MD mengatakan dalam sebuah studi, ditemukan manfaat konsumsi teh atau air lemon hangat yang dicampur dengan madu.

Dalam studi terhadap 270 anak itu, disebutkan Steckelberg anak-anak usia 2 tahun ke atas dengan infeksi saluran pernapasan memiliki kualitas tidur yang lebih baik dan intensitas batuknya berkurang setelah diberi sampai 2 sendok teh madu sebelum tidur. Dalam studi tersebut juga disebutkan bahwa efek madu hampir serupa dengan penekan batuk pada umumnya yakni dekstrometorfan.

Baca juga: Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi, Perlukah Ingus Disedot Orang Tuanya?

"Tapi jangan berikan madu ini untuk anak di bawah satu tahun agar tidak terjadi botulisme, keracunan makanan yang jarang tapi berakibat fatal bagi bayi. Patut diingat pula bahwa batuk tidak selamanya buruk. Sebab, pada dasarnya, batuk membersihkan lendir di saluran napas," kata Steckelberg.

Sementara, Alan Rosenbloom, MD, dokter anak di Baldwin, New York menegaskan madu, lemon, atau jeruk nipis bisa menjadi bagian perawatan pendukung untuk meredakan batuk dan pilek anak. Ada terdapat beragam jenis madu dan sebaiknya, pilihlah madu yang cocok dengan anak.

"Namun, jika anak mengalami demam berkepanjangan, batuk makin parah, lalu batuk pilek tidak kunjung sembuh dalam dua minggu, baiknya segera periksa ke dokter," kata Rosenbloom.

Baca juga: Uhuk.. uhuk.. Batuk Tapi Tak Ada Dahaknya


(rdn/up)