Selasa, 10 Mei 2016 11:03 WIB

Waktu Menyapih si Kecil Tiba, Begini Trik Ibu Agar Tidak Galau

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Saat si kecil berusia 2 tahun lebih, umumnya sudah waktunya ia disapih. Namun, proses itu bisa saja tidak bisa berjalan lancar jika ibu masih tidak tega melihat si kecil harus berhenti menyusu.

Menanggapi hal ini, psikolog anak dan remaja dari RaQQi - Human Development & Learning Centre, Ratih Zulhaqqi, menyarankan ibu untuk melakukan penyapihan dengan bertahap. Menyiapkan emosi dikatakan Ratih pastinya penting supaya proses penyapihan bisa berjalan dengan lancar.

"Coba kurangi bertahap misalnya yang biasa nyusu tiap hari jadi nggak tiap hari. Jangan dibawa stres dan malah jadi pikiran, kalau gitu nggak jadi weaning with love (WWL) dong," kata Ratih saat berbincang dengan detikHealth.

Menurut Ratih, memang ada kalanya anak butuh waktu menyesuaikan diri untuk tidak menyusu lagi. Sehingga, kadang anak menunjukkan kesedihan atau keengganan. Tapi, ini bukan berarti anak menolak untuk disapih, melainkan ia hanya butuh waktu untuk beradaptasi.

Lantas, bagaimana caranya supaya si ibu bisa lebih 'tega' saat akan menyapih anak? Nah, di sini Ratih menekankan perubahan mindset si ibu.

"Jangan menganggap bahwa apa yang dilakukan ini adalah bentuk kekejaman pada anak. Tapi ini dilakukan supaya anak bisa lebih baik lagi. Kalau ibunya nggak siap terus, nanti anak bisa tidak mengalami perkembangan yang sesuai milestone-nya," tambah wanita berkerudung ini.

Baca jugaBikin Susu Hangat Lebih Aman Pakai Dot Warna Putih

Oleh karena itu, menurut Ratih kesiapan orang tua terutama ibu saat menyapih anak memang perlu. Sebab, anak juga akan melihat bagaimana kesiapan orang tuanya. Asalkan konsisten dan tetap memberi pengertian pada anak, WWL bisa dilakukan.

"Kasih pengertian pada anak bahwa it's fine, you will be okay. Memang sudah waktunya untuk berhenti menyusu tapi mama tetap kok sayang sama kamu. Ini lebih ke pembiasaan ya, bukan pemaksaan. Tapi kalau memang ibunya masih belum siap banget, dicoba pelan-pelan. Lagipula kan nggak harus pas anak usia 2 tahun kan nyapihnya, lebih sedikit juga nggak masalah toh," kata Ratih.

Baca jugaBikin Kenyang Tapi Tak Cukupi Gizi Anak, Hindari Memberi ASI Sebelum Makan

(rdn/vit)