Kamis, 12 Mei 2016 12:02 WIB

Buah yang Dianjurkan untuk MPASI Pertama si Kecil

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Si kecil sudah berusia 6 bulan maka sudah waktunya pemberian Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI). Buah pun menjadi salah satu MPASI yang bisa diberikan untuk anak. Buah apa yang dianjurkan untuk diberi pertama kali?

"Buah untuk usia anak 6 bulan ke atas baiknya kita mulai dengan memberi buah yang cenderung netral, istilahnya. Yaitu pepaya, apel, melon, pir, jeruk baby manis," tutur dr Frieda Handayani Kawanto SpA(K) dari divisi gastrohepatologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.


Saat bayi sudah berusia 7 bulan, maka Bunda bisa mulai memberi si kecil buah pisang dan alpukat mengingat kandungan asam lemak yang cukup tinggi pada buah tersebut. Lalu, bagaimana dengan buah misalnya saja durian atau nangka yang cenderung cukup banyak mengandung gas?

Baca juga: Si Kecil Malas Makan Buah dan Sayur? Yuk Simak Tips dari Bu Dokter

Menurut dr Frieda, pada prinsipnya semua buah boleh dikonsumsi asal tidak berlebihan. Sehingga, bukan berarti juga jenis buah tertentu harus dimusuhi. Namun, pada durian dan nangka, dr Frieda menekankan memang nangka bisa mengandung gas yang tinggi. Sedangkan durian tinggi glukosa sehingga bisa membuat anak cepat kenyang dan akhirnya malas makan.

"Prinsipnya pemberian buah juga jangan berlebihan. Seperti pepaya, kan kaya beta karoten yang bagus supaya otak lebih tajam. Tapi pepaya juga mengandung serat tunggal inulin yang jika dikonsumsi lebih dari 15 gram sehari bisa bikin kembung dan mual. Jadi nggak enak juga kan. Jadi sering BAB dengan konsistensi tinja yang lebih encer," tambah dr Frieda ditemui di JS Luwansa Hotel, Kuningan, Jakarta Selatan baru-baru ini.

Bagi bayi yang akan menginjak usia 6 bulan, dr Frieda mengingatkan bahwa nutrisi yang ia dapat hanya dari ASI sudah tidak mencukupi lagi. Untuk itulah diperlukan pemberian MPASI dengan menu yang beragam. Tak hanya diberi buah dan sayur saja sebagai sumber serat, Bunda juga mesti memberi asupan karbohidrat misalnya dari bubur beras atau protein dari daging.

"Buah dijadikan puree dicampur dengan ASI juga boleh sebagai camilan. Kalau anaknya sudah agak besar, buah dijadikan finger food pun boleh," pungkas dokter yang pratik di RS Awal Bros Bekasi ini.

Baca juga: Begini Triknya Agar Anak Tak Konsumsi Junk Food Berlebih (rdn/vit)