Senin, 18 Jul 2016 10:29 WIB

Trik Agar Nyaman dan Aman Saat Memerah ASI di Tempat Umum

Martha - detikHealth
Foto: Thinkstock
Jakarta - Memerah air susu ibu (ASI) menjadi pilihan ibu menyusui yang sedang melakukan perjalanan dan jauh dari anaknya. Bagaimana agar tetap nyaman?

"Kalau mau pumping ASI di tempat umum, kebersihan paling diutamakan. Jangan lupa untuk cuci dengan sabun dan air bersih," saran Nia Umar, Wakil Ketua Umum Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI), saat dihubungi oleh detikHealth beberapa waktu lalu.

Nia juga menyarankan untuk tidak lupa mempersiapkan perlengkapan memerah ASI dengan baik seperti breast pump, botol atau plastik tempat ASI perah, ice gel ataupun blue ice, serta cooler bag untuk membawa ASI perah. Dengan mempersiapkan peralatan dengan baik, maka kegiatan memerah ASI di tempat umum akan lebih nyaman.

"Pastikan semua lengkap seperti apron, wadah penampung ASIP (air susu ibu perah) dan alat perah (jika memerah menggunakan alat). Disarankan untuk tidak memerah di toilet karena bukan lokasi yang bersih," lanjut Nia.

Terkait apron yang digunakan untuk menutupi aktivitas memerah ASI, Nia menganjurkan menggunakan apron berukuran besar. Dengan ukuran yang besar maka akan membuat ibu lebih mudah dan leluasa saat harus memerah ASI.

Baca juga: Membawa ASI Perah dalam Pesawat Terbang, Apa Saja yang Perlu Diperhatikan?

Fifi Alvianto, seorang familly blogger, yang juga punya pengalaman memerah ASI di tempat umum, menyarankan membawa beberapa breast pump jika melakukan perjalanan cukup jauh. Misalnya ketika pergi dan ada tugas ke Singapuran beberapa waktu lalu, Fifi membawa 3 breast pump dengan asumsi memompa sebanyak 4 kali sehari setiap 6 jam, dan baru mensterilkannya di malam hari.

Tak lupa, Fifi selalu membawa hand sanitizer. Alasannya tidak setiap tempat dirinya bisa menemukan tempat untuk mencuci tangan. Menurut pengalaman Fifi, perlu juga membawa zipper bag plastik. Zipper bag yang besar bisa membantu menjaga peralatan breast pump tetap steril.

Lalu bagaimana jika harus memompa ASI di pesawat? "Kalau ibunya cukup pede, di kursi pesawat tidak masalah (tetap memompa ASI), yang penting pakai apron dan usahakan meminta seat sebelah dengan perempuan bila traveling sendirian," kata Nia memberi saran.

Fifi memberikan saran tambahan dengan memberitahu orang di sekeliling yang terdekat sebelum memompa ASI di pesawat. Ini untuk menghindari komplain karena penumpang lain yang merasa risi dengan aktivitas memerah ASI.

"Tidak semua orang mengerti soal breastpumping sehingga akan sangat malas melihat kita sibuk memompa. Beberapa orang yang saya tanyakan, melihat ibu memompa itu sebetulnya tidak nyaman bagi mereka," tutur ibu dua orang anak ini.

Baca juga: Dengan Ketelatenan, Ibu Ini Berhasil Susui Langsung Anaknya yang Idap PRS (vit/vit)