Senin, 18 Jul 2016 15:02 WIB

Ini Dia Keuntungan Memerah ASI Langsung dengan Tangan

Martha HD - detikHealth
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Untuk memerah air susu ibu (ASI) tidak harus selalu menggunakan alat. Menggunakan tangan kosong juga bisa lho, bahkan ada sederet keuntungannya. Apa saja?

"Selain mudah dibersihkan, memerah ASI dengan tangan itu nggak mungkin alatnya ketinggalan, nggak perlu sparepart, dan nggak akan gampang rusak," kata Nia Umar, Wakil Ketua Umum Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI), saat dihubungi oleh detikHealth beberapa waktu lalu.

Baca juga: Sejak Masih Minum ASI, Anak Sudah Bisa Diajari Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Selain manfaat tersebut, Nia mengungkapkan umumnya memerah langsung dengan tangan akan menghasilkan ASI yang lebih banyak. Hal ini dikarenakan efek memerah dengan tangan sama seperti memijat payudara.

"Jadi saat ibu memerah ASI dengan tangan, ibu bisa merasakan kalau ada area yang masih terasa keras sehingga produksi ASI semakin banyak," lanjut Nia.

Baca juga: Simbol Cinta dari Ibu ke Anak, ASI 'Disulap' Jadi Perhiasan

Agar proses memompa ASI dengan tangan lebih efektif, para ibu bisa berkonsultasi pada konselor laktasi. Nah, jika ibu menyusui menggunakan breast pump, Nia menganjurkan untuk tidak membersihkan alatnya di toilet. Hal ini bertujuan agar alat perah tidak terkontaminasi bakteri yang ada di toilet.

"Kalau pakai alat dibersihkan saja pakai air bersih yang mengalir lalu bilas menggunakan air minum dan keringkan dengan lap bersih. Untuk pemakaian 1-3 kali tidak masalah, setelah sampai di tujuan atau rumah baru disterilkan," tutup Nia. (vit/ajg)