Senin, 25 Jul 2016 19:30 WIB

Mengatasi Anak yang Menangis Saat Hendak Sekolah

Martha HD - detikHealth
Foto: Thinkstock
Jakarta - Tahun ajaran baru telah dimulai. Apakah Anda termasuk orang tua yang kerap dipusingkan tingkah anak yang menangis saat hendak berangkat sekolah? Apa yang sebaiknya dilakukan?

"Kalau anak nangis, terima sebagai hal yang wajar, bukan dipermalukan di depan umum," tutur Maria Limyati MSi Psi, dosen psikologi Universitas Sanata Dharma, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Saat anak menangis, orang tua disarankan untuk lebih memahami kondisi anak. Hal ini karena banyak faktor penyebab kenapa anak menangis saat hendak berangkat sekolah.

"Jika menangis karena anak malu atau takut, orang tua bisa mengingatkan bahwa anak sekarang sudah besar. Dan saat di sekolah mama atau papa nggak bisa terus nemenin apalagi di dalam kelas," lanjut Maria saat dihubungi oleh detikhealth beberapa waktu lalu.

Selain itu, faktor lain seperti proses adaptasi atau masalah lain bisa menyebabkan anak menjadi menangis saat hendak berangkat sekolah. Maka dari itu, orang tua juga diharuskan untuk menelusuri penyebab anak menangis saat hendak berangkat sekolah.

Baca juga: Alasan Psikologis di Balik Usia Minimal 7 Tahun untuk Masuk Sekolah Dasar

"Coba ditanya baik-baik kenapa dia tidak mau sekolah, tapi nanyanya tunggu situasi tenang dulu. Jangan pada saat anak sedang nangis," saran Maria.

Menurut wanita yang juga sebagai Education & Counselling Coordinator di Sekolah Musik Indonesia ini, ada anak yang langsung menceritakan masalahnya. Namun, beberapa anak mungkin harus ditanya secara tidak langsung. Soal ini harus dipahami benar oleh orang tua.

"Misalnya menggunakan media cerita atau bisa sambil main sekolah-sekolahan pakai boneka. Makanya orang tua harus belajar empati pada anaknya ya," tutup Maria.

Baca juga: Anak Takut ke Sekolah, Apa ya Sebabnya?

(vit/vit)