Kamis, 08 Sep 2016 07:35 WIB

Baru Sembuh, Kok Anak Kena Batuk Pilek Lagi? Bisa Jadi karena Sensitif

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Anak baru saja sembuh dari batuk dan pilek, tapi kok sudah kena lagi? Menurut dokter, batuk dan pilek berulang bisa dipengaruhi oleh dua hal, yakni sensitivitas anak dan faktor lingkungan.

Demikian disampaikan oleh dokter spesialis anak dari RS Permata Depok, dr Hestu Putri Yanuarti, SpA, MKes kepada detikHealth.

"Batuk pilek berulang yang dialami anak dapat disebabkan oleh dua hal, yaitu apakah anak tersebut sensitif atau karena faktor lingkungan si anak," ujar dr Hestu.

Sensitivitas anak misalnya adalah ketika ia sensitif terhadap suatu kondisi seperti pada makanan, minuman, suhu atau cuaca, yang bisa menimbulkan batuk pilek. Umumnya kondisi ini disebut sebagai alergi.

Baca juga: Ingat Ya, Terkena Batuk dan Pilek Tak Berarti Sistem Imun Gagal Bekerja

"Atau bisa juga karena disebabkan oleh lingkungan anak tersebut yang berisiko menularkan batuk pilek berulang," imbuhnya.

Meskipun demikian, sebaiknya orang tua tak sembarangan memberikan obat batuk pada anak. Akan jauh lebih baik jika anak dibawa ke dokter untuk diperiksa penyebab pasti dari batuk pilek berulang tersebut.

"Kadang orang tua mudah mengambil kesimpulan mengenai kondisi batuk anak. Padahal tidak semua kondisi di mana terdengar suara dahak pada saat anak batuk dapat disimpulkan sebagai batuk kering atau berdahak," tutur dr Hestu.

Untuk menemukan penyebab batuk pilek berulang dan menentukan obat batuk yang cocok untuk anak, maka dr Hestu menyarankan orang tua sebaiknya membawa anak ke dokter.

Baca juga: Mudah Menular, Jika Sedang Radang Tenggorokan Jangan Cium-cium Bayi Ya


(ajg/vit)