Minggu, 25 Sep 2016 10:02 WIB

Cerita Ibu Beri Kolostrum untuk Bayinya yang Belum Bisa Menyusu dengan Benar

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Foto: Instagram carriagehousebirth Foto: Instagram carriagehousebirth
Jakarta - 17 Jam setelah melahirkan putrinya, Andromeda, Rebecca McKeever masih mengeluarkan kolostrum. Saat itu, konsultan laktasi menyarankan agar Rebecca memberi kolostrum itu pada buah hatinya. Namun, si kecil Andromeda tampak mengantuk.

Selain itu, pelekatan yang dilakukan Andromeda pun belum terlalu baik. Namun, dengan bantuan konsultan laktasi, Rebecca yang juga seorang bidan tak kehabisan akal. Ia memerah kolostrumnya dan menaruhnya di dalam cangkir lalu menggunakan alat suntik sebagai pipet, Rebecca memberi kolostrum pada Andromeda.

"Itu luar biasa dan tampaknya Andromeda menyukainya. Dia tersenyum setiap menerima masing-masing tetesan yang saya berikan. Beberapa menit setelahnya, Andromeda bangun dan dia sudah mulai belajar menyusu," kata Rebecca kepada Huffington Post.

Saat ini, Andromeda sudah berusia 3 minggu. Dengan telaten, akhirnya Rebecca bisa menyusui dengan pelekatan yang baik dan ia bertekad untuk memberi ASI eksklusif untuk putrinya. Rebecca juga berterima kasih pada konsultan laktasi dan seluruh pihak yang sudah mendukungnya untuk bisa menyusui Andromeda.

Nah, foto ketika Rebecca menteskan kolostrum untuk Andromeda menggunakan alat suntik ini diunggah di instagram @carriagehousebirth. "Feeding with love. Memberi kolostrum pada bayi yang mengantuk menggunakan alat suntik. Kami mencintaimu," demikian keterangan foto tersebut.

Baca juga: Jangan Terlambat, Sukses Menyusui Perlu Persiapan Sejak Hamil

Foto tersebut sudah mendapat 1.915 likes. Salah satu pengguna bernama Melanie dengan akun @littlecreativenest mengatakan ia juga melakukan hal itu pada putranya yang kuning ketika lahir. Sementara, RS dan bidan menyarankan si bayi diberi susu formula, Melanie dan suaminya berusaha memberi ASI pada bayinya, salah satunya dengan teknik menggunakan alat suntik sebagai pipet.

Mayoritas netizen menyampaikan rasa kagum atas usaha yang dilakukan Rebecca. Selain itu, ada juga beberapa orang yang ternyata melakukan hal yang sama pada bayi mereka. Bahkan, apa yang dilakukan Rebecca juga menjadi inspirasi bagi beberapa pengguna.

"Saya tidak pernah melakukannya. Saya memberi kolostrum dengan menyusui langsung. Ini menarik. Bisakah kamu menjelaskan bagaimana melakukannya?" tulis akun @evarriccobono. Sementara, @heatherperez90 mengatakan bayinya diprediksi lahir dengan bibir sumbing dan ia akan mencoba hal yang sama saat memberi kolostrum untu bayinya kelak.

Rebecca juga membagikan foto ini di akun instagramnya @wisdombird. Ia mengatakan membagikan pengalaman memulai permulaan menyusui yang cukup lambat. Ia harus menggunakan alat suntik untuk pertama kali karena Andromeda sangat mengantuk. Tapi saat ini, Andromeda sudah bisa menyusu dengan baik.

"Saya harap berbagi pengalaman ini bisa mendorong para ibu untuk bertemu dengan bayinya di mana pun mereka dan jangan pernah menyerah!" tulis Rebecca. Untuk foto yang ia unggah ini, Rebecca mendapat 533 likes dari pengguna lainnya.

Kepada detikHealth, dr Meta Hanindita SpA mengatakan sebaiknya memang kolostrum diberi kepada bayi dengan cara menyusui langsung. Kecuali jika satu atau lain hal memang si ibu tidak bisa menyusui secara langsung. Misalnya setelah operasi ibu masih lemah, maka tak masalah menggunakan pipet.

"Yang mesti ditekankan adalah ibu tetap berusaha menyusui langsung," ujar dokter yang praktik di RSUD Dr Soetomo Surabaya ini.

Baca juga: Awalnya Puting Lecet dan ASI Tak Keluar, Ini Perjuangan Mirza Menyusui Anaknya

(rdn/vit)
News Feed